Bagi siapa pun yang menyukai dunia fotografi, tidak peduli apakah Anda seorang profesional atau hanya sekadar hobi, Anda pasti ingin meningkatkan kemampuan fotografi Anda, dari waktu ke waktu.

Nah, salah satu cara untuk mengukur kualitas fotografi Anda, mungkin dapat dilakukan dengan cara mengikuti beberapa kompetisi fotografi. Namun, sebelum mengikuti ajang kompetisi, ada baiknya Anda mengetahui sendiri, sudah sejauh mana kemampuan dan kualitas foto Anda. Hal tersebut dapat dilakukan dengan menanyakan beberapa pertanyaan ini pada diri Anda sendiri.

 

Mengapa Saya Mengambil Foto Ini?

Dalam hal ini, pertanyaan yang harus Anda tanyakan pada diri sendiri ketika akan mengambil gambar dari suatu objek yang menarik perhatian adalah; “Apa yang akan terjadi pada hasil foto tersebut setelah Anda mengambilnya?”; “Apakah Anda akan membagikannya atau hanya menyimpannya di hard drive?”; “Apakah objek/subjek tersebut memiliki makna pribadi untuk Anda?”; “Apakah itu memiliki nilai narasi atau ekspositori?”

 

Apa yang Saya Ingin Sampaikan?

Pertanyaan ini mengikuti secara alami dari pertanyaan sebelumnya. Jika Anda sudah menemukan alasan kenapa Anda harus mengambil gambar pada suatu objek tertentu, Anda harus tahu apa yang ingin Anda sampaikan kepada publik lewat hasil foto tersebut. Banyak orang mungkin akan terkesima dengan foto yang bagus secara teknis pengambilan gambarnya, namun sebuah foto yang benar-benar bagus adalah foto yang dapat menyampaikan sebuah cerita yang dapat mempengaruhi emosi dari orang-orang yang melihatnya.

 

Apakah Ini Sudut Terbaik?

Sudut pertama yang Anda ambil, sering kali bukan menjadi sudut yang terbaik. Cobalah mengambil gambar di beberapa sudut untuk menemukan posisi yang tepat dalam menampilkan objek/subjek Anda dengan sempurna.

 

Haruskah Saya Memotret Hal yang Sama Pada Saat yang Berbeda dalam Sehari?

Jika Anda pernah mengambil foto di tengah hari dan merasa hasilnya tidak menarik, kembalilah ke lokasi yang sama dan potret subjek yang sama pada sore hari atau malam hari. Anda akan mendapatkan hasil yang sangat berbeda dan belajar pelajaran penting tentang sifat cahaya.

 

Apakah Ada Gangguan di Dalam Frame?

Ingatkan diri Anda untuk memeriksa foto setelah memotret untuk melihat apa pun yang mungkin menarik perhatian dari sudut pandang utama. Jangan mengandalkan proses pengeditan untuk menghapus objek yang mengganggu, karena itu akan memakan banyak waktu. Selalu periksa hasil foto Anda, jika terlihat suatu gangguan muncul dalam frame, ulang kembali pemotretan untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

 

Berikut beberapa hal yang perlu Anda perhatikan sebelum memulai proses pemotretan. Apakah Anda sudah melakukan hal-hal tersebut? Jika belum, cobalah dan temukan perbedaan dalam hasil foto Anda. Selamat mencoba!

TAGS : Lensa camera

#LensaCommunity