Saat ini, dunia olahraga tengah menjadi hal yang banyak diperbincangkan dan dibahas, karena Indonesia baru saja menjadi tuan rumah pertandingan olahraga terbesar di Asia. Jika disangkutpautkan, olahraga dan fotografi adalah dua hal yang tidak dapat dipisahkan. Dengan fotografi, momen-momen yang terjadi dalam suatu pertandingan olahraga akan dapat dinikmati kembali oleh para penggemar. Berbagai macam luapan emosi, ekspresi dan momen apapun dalam pertandingan selalu menarik untuk diabadikan. Namun, Sport Photography memiliki tantangan tersendiri karena Anda harus dapat mengambil gambar dari objek yang bergerak dengan cepat.

Untuk itu, kunci utama agar Anda dapat mendapatkan foto olahraga yang bagus dan menarik adalah setting kamera dengan benar. Ketika Anda memotret, Anda hanya fokus pada objek yang Anda bidik dan tidak perlu memikirkan lagi untuk melakukan setting kamera karena momen berharga bisa hilang begitu saja.

Berikut settingan kamera yang dapat Anda gunakan untuk memotret pertandingan olahraga dengan gerakan cepat;

 

Shutter Speed Cepat

Set shutter speed di angka 1/500. Ini merupakan hal penting, sebab Anda tidak boleh sampai ketinggalan satu momen pun, apalagi objek yang hendak Anda foto tidak dalam posisi diam.

 

Aperture Besar

Semakin besar bukaan lensa (aperture) sebuah lensa, maka akan semakin kecil angka diafragmanya. Untuk mengimbangi shutter speed yang tinggi, maka diperlukan bukaan minimal f/2.8 atau f/4.

 

ISO Tinggi

Menaikkan ISO dapat menambah noise dalam sebuah foto. Namun, hal ini justru memudahkan para fotografer untuk membedakan mana gambar yang fokus dan mana yang blur.

 

Mode Burst

Mengambil beberapa gambar dengan hanya satu kali jepretan (Continues Shoot) akan sangat membantu dalam memotret sebuah pertandingan yang objeknya bergerak sangat cepat.

 

Matikan Flash

Dalam kebanyakan pertandingan olahraga, Anda tidak dapat memposisikan diri Anda berada di dekat objek. Untuk itu, Anda memerlukan lensa tele untuk mendapatkan detail gambar yang lebih. Jadi, Anda tidak membutuhkan flash. Selain itu, kilatan flash dari kamera Anda dapat mengganggu jalannya pertandingan.

 

Bagi Anda yang masih merasakan euphoria dari pertandingan Asian Games 2018 kemarin dan ingin terjun menjadi fotografer olahraga, Anda dapat mencoba settingan kamera seperti di atas.

TAGS : Lensa camera

#LensaCommunity