Salah satu hal yang menarik dari fotografi adalah kemampuan merekam suatu peristiwa / perjalanan untuk dikenang atau diceritakan pada orang lain. Sering kali kita pergi traveling dan mengabadikan peristiwa di lokasi yang kita tuju, namun lupa untuk mengabadikan perjalanan kita menuju lokasi tersebut yang justru memiliki cerita menarik untuk diceritakan.

Bahkan, beberapa fotografer traveling masih suka lupa mengambil gambar di perjalanan menuju tempat tujuan mereka. Nah, bagi Anda yang ingin mencoba menggabungkan storytelling ke dalam fotografi Anda, berikut ini beberapa tips untuk memulai:

 

1. Buat Struktur

Untuk membuat cerita yang bagus, Anda harus memiliki struktur. Pada dasarnya, ini berarti sebuah foto memiliki awal, tengah dan akhir. Terkadang, ada alur cerita di sepanjang jalan. Daripada hanya mengambil bidikan ketika Anda mencapai tujuan akhir Anda, pikirkan tentang menangkap seluruh perjalanan untuk sampai di sana dan perjalanan kembali pulang. Dengan begitu, Anda akan mendapatkan serangkaian gambar yang menarik dari perjalanan Anda.

 

2. Ubah Perspektif Anda

Cerita yang bagus tidak semuanya diambil dari satu perspektif. Campurkan penggunaan jepretan yang lebar, sedang, dan dekat untuk menarik orang-orang ke dalam cerita. Jangan hanya menembak dari mata ke depan. Lihatlah ke bawah dan juga ke belakang Anda. Berbaring di lantai atau memanjat bebatuan. Perspektif yang berbeda dari adegan yang sama akan menceritakan kisah yang bisa sangat berbeda.

 

3. Gunakan Orang pada Gambar Anda

Sebagai manusia, ketika kita melihat gambar dengan orang-orang di dalamnya dapat membangkitkan respon empatik dalam diri kita. Sementara teman-teman atau pasangan Anda mungkin tidak terlalu bersemangat untuk berfoto ketika mereka berkeringat di jalan setapak atau mengertakkan gigi pada pendakian keras, gambar kegembiraan (atau kelelahan) mereka mencapai puncak dan menangkap momen-momen itu benar-benar dapat menambahkan sesuatu ke dalam cerita secara keseluruhan.

 

Berikut beberapa hal yang perlu Anda perhatikan jika Anda ingin membuat foto yang bercerita tentang perjalanan Anda. Selamat mencoba!

 

 

 

TAGS : Lensa camera

#LensaCommunity