Fotografi Panggung atau Stage Photography menjadi salah satu pekerjaan yang menyenangkan, juga menantang. Karena selain harus mampu mengambil gambar dari objek yang bergerak, mereka juga dapat menikmati acara-acara musik dengan gratis. Namun sama seperti jenis fotografi lainnya, Fotografi Panggung bukanlah fotografi yang mudah. Yuka Aditya, salah seorang fotografer yang bergelut di dunia fotografi panggung menuturkan, ada beberapa hal yang sangat mempengaruhi hasil foto pada saat Anda memotret kegiatan di atas panggung.

Yang perlu diperhatikan pertama adalah komposisi gambar, karena komposisi gambar sangat menentukan hasil dari foto Anda. Selain itu, lensa juga sangat mempengaruhi, namun tetap harus sesuai dengan kebutuhan. Jarak antara Anda dan panggung juga menentukan lensa apa yang cocok untuk digunakan. Jika Anda harus mengambil gambar keseluruhan panggung, Anda dapat menggunakan lensa fish-eye. Lain halnya jika Anda harus mengambil gambar detail di atas panggung, atau ekspresi dari penyanyi di panggung namun dengan jarak yang tidak terlalu dekat, Anda dapat menggunakan lensa tele. Dengan focal length yang panjang, lensa ini sangat membantu Anda mendapatkan hasil foto, seakan Anda berada di hadapannya. Lensa yang paling sering digunakan fotografer panggung biasanya dengan bukaan besar 1:8 atau 2:8.

Hal lain yang juga sangat mempengaruhi dan menjadi tantangan terbesar dalam fotografi panggung adalah lighting. Lighting pada setiap panggung dan setiap acara berbeda-beda. Dengan pengaturan kamera dan lensa yang sesuai, Anda dapat menghasilkan foto yang bagus dan sesuai dengan yang Anda butuhkan.

Namun selain hal – hal berikut, Yuka juga menuturkan bahwa yang terpenting adalah seorang fotografer panggung harus pintar dan cermat dalam mengambil sebuah momen. Anda harus mampu menceritakan keseruan dan kecerian yang terjadi di atas panggung, menampilkan hubungan yang terjalin antara penyanyi dengan penonton, juga dengan mendapatkan ekspresi wajah dari para penonton yang antusias menyaksikan konser, maupun ekspresi para pemain di atas panggung.

 

Nah, sudah siapkah Anda terjun menjadi fotografer panggung yang dapat menceritakan keseruan di acara – acara musik?  Selamat berkreasi!

 

TAGS : Lensa camera

#LensaCommunity