Salah satu aliran dalam fotografi yang tidak lekang oleh perkembangan zaman adalah fotografi hitam putih. Kita akan melihat dengan cara berbeda saat memilih foto hitam putih. Banyak perdebatan tentang apakah gambar hitam putih lebih baik didapatkan dari konversi gambar warna, atau gambar yang asli diambil dalam bentuk hitam putih. Parameter dunia tanpa warna akan memaksa kita melihat berbagai hal secara berbeda yang akan melatih ketajaman penglihatan kita untuk menghasilkan gambar kreatif.

Hitam putih masih terus digunakan sebagai pilihan kreatif dunia fotografi. Alasannya? Tentu macam-macam. Seperti salah satu alasan penting eksisnya fotografi hitam putih adalah kemungkinan untuk eksplorasi elemen dalam sebuah komposisi. Dalam bingkai berwarna kita seringkai bergantung pada warna untuk menghasilkan kontras untuk memisahkan elemen dalam gambar. Dengan mode hitam putih kita tidak memiliki keistimewaan tersebut dan sebagai gantinya kita akan berfikir kreatif untuk menggunakan kontras cahaya, negative space, teksur, garis dan bentuk.

Fotografi hitam putih sangat ideal untuk portrait dimana shadow dan highlight akan menonjolkan tekstur kulit manusia. Melihat wajah dalam sebuah gambar hitam putih tanpa “gangguan warna” akan membantu memperkuat emosi.


#LensaCommunity