Kamera analog mulai digandrungi kembali oleh para pecinta fotografi. Berbeda dengan kamera digital, untuk dapat melihat hasil foto kamera analog, Anda harus mencetaknya terlebih dahulu karena menggunakan roll film. Roll film negatif pertama kali dikeluarkan oleh Kodak pada tahun 1934. Seiring dengan perkembangan zaman, mulai muncul banyak jenis film, seperti;

Format Film 120

Besarnya format film pada kamera ini ditentukan oleh panjang foto yang direkam di atas kamera. Pada umumnya format film pada kamera medium format dimulai dari format film 4,5X6, 6X6, 6X7, 6X8, 6X9, atau ada juga panorama kamera dengan format sampai dengan 6X17.  Konon, untuk cropping dan pembesaran foto film medium format bisa mengalahkan kamera yang memiliki megapiksel tinggi, dan dahulu sering digunakan untuk pembuatan baliho dan poster.

Format 35mm

35mm adalah format film kecil dengan ukuran bagian sensitif cahaya 24x36mm untuk setiap pengambilan 35mm, umumnya untuk 24 dan 36 kali pengambilan gambar. Kualitasnya tidak setara dengan film format menengah (medium format) dan format lebar (large format), tetapi sangat praktis. Film format 35mm inilah yang masih sering dipakai pengguna kamera analog sampai sekarang.

Format film 110

Saat diperkenalkan oleh Kodak pada 1972, format film 110 adalah versi miniatur dari sebelumnya film format Kodak 126. Setiap frame adalah 13 mm × 17 mm (0,51 di 0,67 × in). Nomor frame dan jenis film yang terlihat melalui jendela di bagian belakang cartridge.

Film APS

Advanced Photo System (APS) adalah format film yang sekarang telah dihentikan produksinya. Pertama kali diproduksi pada tahun 1996 dan dipasarkan oleh Eastman Kodak di bawah nama merek Advantix, oleh FujiFilm dengan nama Nexia, oleh AgfaPhoto dengan nama Futura dan oleh Konica sebagai Centuria . Diameter dasarnya adalah 21 mm. Slot dilindungi oleh pintu lightproof. Film ini adalah cikal bakal DSLR aps-c sekarang.

TAGS : Lensa camera

#LensaCommunity