Street photography adalah salah satu genre fotografi yang sedang ramai saat ini. Banyak para fotografer pemula memulai debut mereka dengan memotret kehidupan di jalanan. Street photography sendiri umumnya memuat objek yang diambil di ruang publik dalam kondisi candid atau tanpa pengarahan.

Bagi Anda yang ingin belajar lebih dalam tentang street photography, ada beberapa teknik yang dapat digunakan pada genre tersebut. Berikut beberapa teknik yang dapat Anda pelajari:

1. Teknik Congkel ( Low Angle )

Teknik Congkel memanfaatkan Low Angle dalam mengambil gambar dan menyuguhkan hasil yang berbeda daripada yang lain. Dalam street photography, angle 'nakal' menjadi teknik yang cukup penting demi menghasilkan karya yang berbeda dari yang lainnya.

2. Teknik Kue Lapis ( Layering )

Teknik ini mungkin dianggap paling sulit di dalam street photography karena subjek diharuskan tidak saling menumpuk atau overlap. Subjek harus mengisi satu frame penuh tanpa adanya pengaturan subjek dan semuanya terjadi begitu saja tanpa rekayasa. Ketika membuat layering, disarankan lebih baik menggunakan Burst-mode.

3. Teknik Shade & Light

Teknik ini memanfaatkan cahaya gelap terang. Bermain shade and light lebih baik ketika cahaya matahari sedang cerah seperti pada pagi, siang, dan sore hari. Anda tinggal mencari di mana jatuhnya cahaya gelap dan terang, lalu Anda tinggal menunggu momen yang benar-benar tepat untuk Anda abadikan.

4. Teknik Juxtaposition

Teknik ini memanfaatkan background dengan tulisan-tulisan atau gambar-gambar yang ada di jalanan/area publik. Anda bisa memanfaatkan tulisan yang ada di jalanan, lalu menunggu momen sampai ada subjek yang lewat. Teknik ini membuat foto lebih bercerita dan mungkin lebih mudah dipahami oleh pembaca/penikmat foto Anda.

5. Teknik Framing

Teknik Framing ini tidak kalah penting dari teknik-teknik sebelumnya. Anda harus mengasah kemampuan art of framing Anda. Di dalam street photography bukan hanya momen yang berperan penting, tetapi framing ini juga cukup penting agar kita bisa menghasilkan karya street photography yang bagus.

 

Semoga artikel ini dapat membantu Anda lebih mendalami genre street photography. Selamat mencoba!

TAGS : Lensa camera

#LensaCommunity