Kabut merupakan salah satu objek yang dihindari oleh banyak fotografer, karena membuat saturasi warna menjadi rendah, gambar jadi tidak jelas, hingga terkesan datar. Meskipun terkesan merugikan, namun kabut justru banyak dimanfaatkan para fotografer landscape, karena kabut dapat membuat kesan yang misterius dan dapat meningkatkan efek ruang pada gambar. Memotret suasana kabut memiliki tantangan tersendiri karena kita harus mengontrol seberapa tebal kabut akan terlihat di hasil akhir foto. Nah, bagi Anda yang ingin mencoba tantangan memotret kabut, simak beberapa tips berikut ini:

Pilih Waktu yang Tepat

Manfaatkan momen di pagi hari atau sore menjelang malam, di mana biasanya kabut muncul dan berada di dataran tinggi. Pada waktu tersebut, cahaya yang muncul termasuk pencahayaan yang lembut. Sifat cahaya saat kabut seperti cahaya yang dihasilkan oleh softbox berukuran besar yang menyebabkan foto terlihat halus dan jelas.

Setting Kamera

Gunakan eksposur +1 stop untuk Anda yang memakai mode kamera A/Av, P, atau S/Tv. Setting kamera dengan diafragma kecil yang ditandai F angka besar untuk mendapatkan ruang tajam yang lebih luas. Jangan lupa menggunakan ISO sekecil mungkin untuk memunculkan detail gambar dan mengurangi noise.

Gunakan Filter Gradual ND

Gunakan filter gradual ND, mungkin saja Anda menemukan perbedaan yang kontras di antara objek yang ada. Filter gradual ND berfungsi untuk mengurangi perbedaan kontras.

Gunakan Lensa dengan Focal Length Panjang

Sebaiknya pilih lensa dengan focal length panjang untuk menghasilkan kabut yang lebih tebal. Semakin panjang focal lensa yang Anda gunakan, maka akan semakin tebal, berbeda jika menggunakan lensa wide.

Pilih Lokasi yang Baik

Kabut biasanya muncul di dataran tinggi, seperti bukit dan pegunungan. Pilihlah spot foto terbaik dengan latar belakang yang indah agar foto Anda tidak hanya menampilkan gambar berkabut, namun tetap menampilkan sisi keindahan dari pemandangan di atas bukit atau pegunungan.

Gunakan Tripod

Dalam memotret kabut, teknik slow speed akan membantu untuk membuat penampilan kabut menjadi halus. Saat menggunakan kecepatan rana lambat, tentunya lebih baik mengunakan tripod untuk mencegah foto kabur karena getaran tangan kita.

 

Itulah beberapa tips untuk menghasilkan foto kabut menjadi lebih bagus dan memiliki nilai seni yang tinggi. Apakah Anda mau mencobanya?

TAGS : Lensa camera

#LensaCommunity