Fotografi interior merupakan bagian dari fotografi arsitektur. Namun, fotografi interior lebih memfokuskan pada detil dalam ruangan. Dengan merekam berbagai bentuk dalam bangunan, fotografi interior dapat menampilkan keindahan dan kemewahan dari tataan ruang. Jasa fotografi interior juga sangat dibutuhkan bagi keperluan para desainer interior, penjualan rumah, dan menggambarkan ambient dari hotel maupun restoran. Untuk itu, sebelum Anda memotret interior, ada beberapa aspek yang perlu diperhatikan, yaitu:

Memilih Perspektif yang Tepat dan Benar

Sebelum Anda mulai untuk memotret, sebaiknya ambil beberapa waktu untuk memikirkan dan memutuskan, kira-kira kesan apa yang ingin Anda munculkan dalam interior tersebut. Selanjutnya, tentukan penempatan kamera yang bisa mengambil keseluruhan gambar sekaligus dengan kesan yang Anda inginkan tadi.

Pencahayaan

Hal lain yang selalu harus Anda perhatikan adalah masalah pencahayaan yang akan diaplikasikan dalam sebuah frame foto. Pencahayaan sangat perlu diperhitungkan, apakah menggunakan sumber cahaya alami atau cahaya buatan. Apabila pencahayaan yang akan digunakan adalah pencahayaan alami, maka waktu yang terbaik adalah selama fajar atau senja, karena cahaya yang lembut akan menyelimuti ruangan. Sebagai permulaan, bukalah semua jendela dan hidupkan semua lampu agar bisa benar-benar menerangi ruangan. Setelah itu, berkelilinglah di sekitar pencahayaan untuk memastikan tidak ada sudut-sudut gelap atau area yang terlalu terekspos.

Angle yang Lebar

Karena saat memotret interior, kita menginginkan semua sudut ruangan terambil dengan sempurna, kita membutuhkan lensa yang bisa menangkap angle yang lebar. Sangat disayangkan jika ada bagian yang tidak terlihat, terutama jika bagian tersebut adalah highlight dari ruangan tersebut.

Perhatikan Arah Bidikan dari Kamera

Perlu Anda ketahui, jika mengambil gambar untuk interior itu tidak sama dengan mengambil foto komersial yang terdapat pada studio foto. Jadi, Anda harus pintar dalam mengambil arah bidikan yang nantinya bisa mendeskripsikan ruangan terlihat dengan jelas serta tampak keseluruhannya.

Gunakan Tripod

Alat ini membantu agar pengambilan gambar yang berlangsung dapat steady, multiple shot, dan mengurangi getaran yang mungkin dihasilkan oleh tangan fotografer. Ketika menggunakan shutter speed yang lambat atau remote control, tripod juga membantu mengantisipasi gerakan yang terjadi ketika memencet shutter.

 

Itu dia, beberapa hal yang dapat kami bagikan untuk Anda yang ingin memulai memotret interior. Semoga bermanfaat.

TAGS : Lensa camera

#LensaCommunity