Dengan hadirnya media sosial seperti saat ini, semakin membuat dunia fotografi menjadi tidak terbatas. Kini kita bisa melihat tidak hanya foto-foto landscape, food photography atau fashion saja yang ada di Instagram, bahkan mainan pun kini mulai menjadi pilihan lain dari para fotografer dalam berkarya.

Jika kamu ingin mencobanya, ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Misalnya:

 

1. Konsep

Menentukan konsep atau ide adalah yang paling utama. Melalui konsep, kamu bisa menceritakan sesuatu atau memberi pesan. Kalau bisa memberi pesan dari mainan, karya kamu pasti disukai orang. Memberi latar belakang atau konteks yang tepat juga menjadi nilai lebih dari sebuah foto.

 

2. Angle

Sudut kemiringan pengambilan foto bisa berpengaruh untuk memberi kesan tertentu. Jika mengambil low angle, maka akan memberi kesan mainan kamu terlihat kuat dan hebat. Sedangkan jika mengambil high angle, mainan akan terlihat lemah dan tidak berdaya. Cobalah beberapa angle yang berbeda untuk mendapat kesan yang diinginkan.

 

3. Bercerita

Yang harus kamu ingat sebelum membuat Toy Photography, setiap mainan memiliki background cerita sendiri-sendiri, entah itu action figure, boneka, superhero, dll. Manfaatkan elemen tersebut untuk membuat tema foto. Misalnya mainan Star Wars bisa difoto bersama peralatan dapur atau figure tentara dikondisikan sedang latihan militer, atau apapun yang bisa digunakan sesuai imajinasi kamu.

 

Intinya dalam Toy Photography jangan takut bereksperimen, misalnya kamu mengkombinasikan action figure Gundam dengan Sailor Moon. Berbeda? Tentu. Tapi kenapa tidak? Ciptakanlah imajinasimu sendiri.


#LensaCommunity