Salah satu “godaan” yang sering dialami fotografer pemula? Belanja gear baru! Mengasah teknik, mempelajari kapasitas kamera, dan berbagai hal lainnya sering jadi alasan. Tapi, seberapa perlu sih, menambah gear untuk menambah kemampuan fotografi?

 

Hal yang perlu dicari tahu lebih dulu adalah seberapa banyak kapasitas atau fitur kamera yang sudah digunakan dari kamera yang sudah dimiliki. Seringkali, fotografer pemula hanya bermain di beberapa fitur seperti, apperture, shutter speed dan fokus. Padahal, masih banyak kemampuan lain dari kamera yang bisa dimanfaatkan untuk menghasilkan foto yang bagus.

 

Evaluasi juga jadi hal yang tidak boleh dilupakan dalam menekuni fotografi. Salah satunya, melalui hasil foto. Tidak ada salahnya untuk meminta saran dan kritik dari orang-orang terdekat atau sesama fotografer tentang gambar yang sudah kamu hasilkan. Bukan tidak mungkin kamu akan mendapat saran untuk lebih memaksimalkan fitur pada kamera.

 

Menguasai teknik editing tidak boleh dilupakan. Apalagi untuk foto digital. Editing bisa membantu kamu untuk mengasah referensi cropping, warna dan lain-lain.

 

Jadi, sudah benar-benar butuh untuk membeli gear baru atau belum? Ingat, it’s about the man behind the gun.

 

TAGS : Lensa camera

#LensaCommunity