Fotografi makanan (food photography) adalah salah satu genre fotografi yang paling besar peluangnya untuk dikomersilkan. Bagi sebagian besar fotografer, food photography merupakan hal yang cukup sulit. Selain harus menyusun konsep dasar mengenai pemotretan, Anda juga harus memastikan bahwa makanan yang hendak dijadikan subjek dalam pemotretan, harus tetap terlihat segar.

Atur Pencahayaan Sebaik Mungkin

Saat memotret makanan, pencahayaan adalah unsur paling utama yang perlu diperhatikan. Pilihlah meja dekat jendela atau dengan lampu yang cukup terang untuk membantu mendapatkan hasil yang maksimal. Hindari menggunakan flash kamera karena akan membuat hasil foto kurang bagus.

Gunakan Makanan Selagi Masih Panas

Makanan yang masih panas atau baru disajikan akan membuat hasil foto tampak lebih realistis dan menarik. Namun, perlu diingat, jeda waktu Anda untuk melakukan pemotretan cukup singkat.

Cari Sudut yang Tepat

Carilah angle yang tepat agar ukuran, bentuk dan bahan dari makanan dapat mengundang selera. Ambil foto dari atas jika ingin menonjollkan tekstur atau dengan derajat yang berbeda untuk menampilkan detil dan bentuk makanan.

Gunakan Background Netral

Gunakan background dengan warna putih karena akan membantu mendapatkan pencahayaan yang netral. Selain itu, warna putih juga membantu mengimbangi komposisi warna pada makanan yang Anda foto.

Perlihatkan Bahan Dasar Makanan

Sebagai ornamen yang membuat foto Anda lebih fantastis, cobalah untuk menambahkan bahan dasar dari makanan tersebut untuk tambahan visual sebagai pelengkap visual untuk menciptakan komposisi warna yang harmonis.

Editing Foto Makanan

Untuk sentuhan terakhir, editlah foto Anda untuk memperkuat warna pada makanan yang Anda foto.

Selamat mencoba!

TAGS : Lensa camera

#LensaCommunity