Pernah ngerekam video dari smartphone, tapi hasilnya goyang atau nggak stabil? Jangan langsung dihapus dulu! Lo bisa lho, perbaiki video Lo dengan aplikasi stabilizer video.

Sekarang, udah banyak pilihan aplikasi yang membantu video yang shaky alias bergoyang menjadi terlihat lebih stabil. Kerennya lagi, cara penggunaan aplikasi stabilizer video juga terbilang mudah. Nah, berikut daftar aplikasi stabilizer video untuk smartphone yang bisa Lo coba!
 

1. Google Photo




Aplikasi ini punya fitur stabilisasi video dengan cara yang gampang dan praktis. Setelah Lo masuk aplikasi Google Photo, Lo pilih video yang mau Lo stabilkan, lalu pilih ikon tombol "Stabilizer" di bagian kiri bawah. Secara otomatis, Google Photo akan melakukan proses stabilisasi pada video Lo. Lo cukup menunggu prosesnya untuk beberapa saat, dan video Lo akan menjadi lebih stabil. Gampang banget kan?
 

2. Deshake
 



Berbeda dengan Google Photo, Deshake memanfaatkan hasil pengembangan sistem algoritma untuk menganalisis kualitas video yang goyang. Tampilan layarnya akan menampilkan interface untuk melihat video asli dengan video hasil stabilisasi secara berdampingan. Jadi, Lo nggak perlu repot lagi deh play video asli dan hasil secara bergantian.


3. Video Smoother Stabilizer


Salah satu aplikasi stabilizer sederhana yang bisa Lo pakai selanjutnya adalah Video Smoother Stabilizer.

Lo bisa dengan mudah memilih video dari galeri atau merekam video secara langsung saat masuk ke menu utama. Adapun algoritma pada aplikasi ini juga mampu memperbaiki pergeseran perspektif pada video agar terlihat lebih stabil. Mantap banget, kan!


Setelah selesai editing, Lo bisa mengatur resolusi dan kualitas video sesuai yang diinginkan dan dibutuhkan dengan format MP4 standar.

 

4. Open Camera



Fitur stabilisasi ini bisa Lo gunakan baik untuk melihat atau pun merekam video secara real-time. Untuk proses stabilisasi video, Lo cukup lakukan dengan menekan sebuah tombol saja. Kalau Lo mau sekalian editing foto di aplikasi ini juga bisa banget, lho! Selain itu, aplikasi ini nggak cuma untuk smartphone, aplikasi ini juga bisa digunakan untuk tablet. Jadi, bisa lebih fleksibel apabila kamu nge-shoot via smartphone dan memindahkan file-nya ke tablet untuk lebih jelas dalam proses edit.

 

5. Quik



Aplikasi Quik yang dirilis dari tahun 2016 ini, memungkinkan Lo nggak cuma melakukan stabilisasi video, tetapi juga menambahkan efek visual dan audio. Selain itu, Lo juga bisa nambahin musik dan teks juga agar videomu semakin menarik, serta bisa langsung di share ke teman-teman Lo.  

Oh iya, yang bikin Quik jadi makin menyenangkan digunakan ialah, meski ini aplikasi gratis, tapi nggak ada iklan! Bikin Lo makin betah berlama-lama mengedit video, deh. 

 

6. Microsoft Hyperlapse



Dari namanya aja, Lo udah pasti bisa menebak kalo aplikasi ini dikembangkan oleh Microsoft yang bisa digunakan untuk membuat hyperlapse. Serupa dengan aplikasi lainnya, Microsoft Hyperlapse ini juga bisa digunakan untuk membuat video Lo jadi mulus dan stabil.


Caranya, Lo cukup gunakan mode Stabilize yang sudah ada di aplikasi. Ada dua metode yang bisa Lo gunakan untuk memanfaatkan mode Stabilize tersebut. Pertama, Lo bisa import video dari galeri. Dengan kata lain, Lo bisa memilih video yang sudah direkam sebelumnya. Kedua, Lo bisa merekam video di aplikasi tersebut dan menyalakan langsung mode Stabilize. Nantinya, sistem dalam aplikasi akan secara otomatis mengurangi getaran dari video yang Lo rekam.


Nah, itu dia beberapa rekomendasi aplikasi smartphone yang bisa dipake untuk stabilisasi video sesuai kebutuhan dan selera Lo. Selamat mencoba dan jangan lupa share ke temen Lo!