Di dalam dunia photography, kreativitas Lo menjadi aspek yang lebih penting daripada kamera. Karena smartphone menjadi gear to-go Lo untuk menciptakan foto yang keren dengan mudah dan cepat di manapun dan kapanpun, terutama saat melakukan hunting street photography.

Fotografi jalanan atau street photography bisa dibilang sudah menjadi salah satu genre yang dikenal dan banyak diminati photographer amatir maupun profesional. Sedangkan, arti dari street photography itu sendiri ialah, sebuah foto yang dihasilkan dengan menangkap subjek di ruang publik dengan momen dan waktu tertentu. Biasanya, fotografi tipe ini akan menghasilkan subjek secara candid dan melakukan kegiatan secara alami. Insting untuk melihat angle, kepekaan situasi, dan spontanitas menangkap momen akan terlatih ketika melakukan hal ini. Lupakan gear heboh, cukup dengan smartphone, diri, dan momen sekitar Lo. 

Untuk membantu memudahkan Lo melakukan street photography menggunakan smartphone, ada beberapa hal yang perlu Lo ketahui saat menangkap sebuah momen di ruang publik. Berikut tips dan triknya: 

1. Kenali Fitur Kamera Smartphone
 



Mengenal secara detail kemampuan dan fitur-fitur kamera yang ada di smartphone Lo sebenarnya sangat penting. Misalnya, bagaimana kamera smartphone Lo melakukan lock focus, mengatur white balance, atau bahkan fitur burst. Fitur burst biasanya digunakan untuk mengambil momen yang singkat  dan dapat mengambil banyak gambar yang bisa dijadikan pilihan.
 

2. Perhatikan Baterai dan Memori 
 



Salah satu momen terkesel adalah saat hunting udah dapet angle an momen bagus, tapi tiba-tiba baterai smartphone Lo lowbat. Setuju, nggak? Atau justru pas mau nge-shoot tiba-tiba memori Lo penuh. Rasanya memang sepele, tapi fatal banget kalau sampe dilupain untuk nggak dipersiapkan dengan baik.

3. Gunakan fitur Grid
 



Sering susah ngatur komposisi foto? Lo bisa banget mengaktifkan dan memanfaatkan fitur grid yang ada dalam smartphone agar komposisi foto lebih rapi. Caranya juga gampang, yaitu:

  • Masuk ke setting, 

  • Lalu cari “camera”, 

  • Kemudian aktifkan mode “grid”,

  • Dan tes kembali ke mode foto untuk melihat apakah sudah aktif atau belum


Biasanya pengaturan untuk mengaktifkan grid di IOS dan Android kurang lebih sama. Selanjutnya, balik ke  gimana Lo memainkan “rule of third” atau teknis lainnya untuk menentukan komposisi, deh!

4. Memilih Waktu dan Tempat yang Memiliki Cukup Cahaya
 



Kalau ngebandingin performa kamera smartphone dengan kamera profesional, tentu aja gak akan bisa menyaingi satu sama lain. Karena masing-masing gear memiliki plus dan minus, serta ciri khasnya. Tapi, satu hal yang pasti dan sama-sama bisa Lo terapkan untuk meningkatkan hasil foto terbaik adalah memilih waktu saat terdapat intensitas cahaya yang cukup. Biasanya, cahaya yang cantik dan estetik adalah cahaya sekitar jam 5 hingga 7 pagi dan jam 4 hingga 6 sore, yang biasa disebut dengan golden hour. 

Selain itu, yang nggak kalah penting adalah melakukan pemilihan tempat yang tepat juga. Dengan begitu, keduanya, cahaya dan tempat, saling bersinergi dan Lo bisa menghasilkan foto street yang kece punya!

5. Sadar Situasi Sekitar
 



Lo tau ga sih? Foto terbaik itu dihasilkan dari keadaan sekitar atau momen yang lagi terjadi di sekitar, lho! Karena pada akhirnya kejadian alami yang terjadi adalah suatu hal yang paling terasa relevan dengan manusia. Selain itu, Lo pun bisa meningkatkan kemampuan untuk merasakan dan sadar situasi sekitar dengan baik. Semakin mengenal lingkungan sekitar, maka Lo semakin memiliki peluang besar untuk mendapatkan momen yang keren untuk street photography.

6. Manfaatkan Fitur Lock Exposure
 



Fitur Lock Exposure di smartphone bisa banget Lo manfaatin untuk mengatur Fokus dan Brightness. Caranya, menekan layar dalam waktu yang cukup lama. Fitur ini bisa ngebantu Lo membidik dan mengunci subjek jadi lebih fokus dan juga lebih jernih saat dijepret.

Begitulah beberapa tips buat Lo melakukan hunting street photography menggunakan smartphone. Memang masih ada banyak teknik dan strategi lainnya yang bisa Lo dilakukan untuk memotret objek yang membuat street photography jadi lebih menarik dan menantang. Tapi, enam hal inilah yang bisa kamu jadikan dasar sebelum melangkah ke level yang lebih tinggi lagi. So, kalau Lo ngerasa terbantu dengan artikel ini, yuk di share ke temen-temen juga, agar bisa hunting street photography dan menghasilkan foto terbaik!