Banyak orang mencoba belajar fotografi menggunakan smartphone karena lebih mudah dioperasikan daripada menggunakan kamera DSLR. Setting kamera smartphone tidak serumit kamera DSLR, kamu bisa dengan bebas mengeksplorasi dengan smartphone. Ditambah fitur – fitur fotografi sekarang banyak diadopsi smartphone. Namun bagaimana belajar fotografi yang benar menggunakan smartphone/HP:

1. Ketahui kapasitas dan spesifikasi smartphone



Pastikan kamu mengetahui detail dari kamera smartphone yang kamu miliki, hal ini dilakukan agar kamu bisa tahu mengoptimalkan smartphonemu seperti apa.

2. Berani utak – atik smartphone



Mulailah untuk lebih berani mengutak-atik setting kamera ponselnya, seperti HDR modeshutter, atau bahkan ISO-nya. dengan banyak utak – atik, berlatih dan trial error setting kamera, sampai menemukan pengaturan yang paling pas.

3. Berlatih komposisi



Memotret pada dasarnya bagaimana caramu bisa membuat komposisi dalam satu frame jadi menarik dan “bernyawa”. Walaupun hanya dengan segenggam smartphone, kamu harus memaksimalkan dan mencari komposisi untuk setiap objek dengan tepat

4. Pahami pencahayaan



Kekurangan pada kamera smartphone adalah pencahayaan, kadang kamu harus mencoba dengan bantuan cahaya lain untuk memaksimalkan hasil gambarmu, karena jika mengandalkan flash dari samrtphonemu, terkadang kurang optimal.

5. Koreksi dengan aplikasi editing



Apabila hasil fotomu tidak sesuai keinginanmu, atau ada kekurangan bersifat minor, maka gunakanlah aplikasi edit untuk mengatasi kekurangannya. Tapi perlu diingat, jangan pernah terlalu tergantung dengan editing, maksimalkan apa yang kamu jepret dengan smartphonemu.

Semoga artikel ini bermanfaat untuk memaksimalkan smartphone yang kamu punya dalam fotografi.

Pantau terus @lensacommunity di Instagram untuk dapatkan update terbaru seputar dari visualgrafi mulai dari fotografi, videografi, vlog, dan lainnya. Sampai jumpa di artikel selanjutnya.