Siapa bilang smartphone gak bisa bikin video yang keren? Kalo masih ada yang berpikir itu sih wajar, tapi kamu perlu tahu bahwa teknologi smartphone semakin kesini semakin cangih bahkan dalam dunai pervideoan, smartphone menjadi device yang mudah dioperasikan orang dalam membuat dan mengolah video secara cepat dan praktis. Lalu bagaimanakah membuat video dengan smartphone yang ciamik? Simak ulasannya di bawah:

1. Persiapkan Konsep Yang Matang



Apapun video yang kamu buat, dengan gear apapun. Pastikan konsep adalah hal yang utama. Apa yangbisa membuat sebuah video itu menarik, tentunya tema bahkan alur cerita dan pesan yang ingin kamu sampaikan.

2. Komposisi dan Framing



Penting banget kamu mengolah komposisi dan framing yang bagus pas mengambil gambar. Dengan ukuran device yang berbeda dan cara pengoperasin yang berbeda juga. Kamu harus meracik gambar yang bagus dengan smartphonemu.

3. Camera Movement


Kestabilan sangat penting, kamu bisa menambahkan gimbal untuk smartphonemu agar hasil gambar tetap stabil dengan berbagai camera movement yang kamu lakukan untuk mendapatkan scene yang unik.

4. Proses Editing Jangan Terlewatkan



Saat semua footage sudah kamu ambil berarti saatnya kamu merangkai video tersebut sesuai konsepmu. Perhatikan transisi yang dipasang, dan pemilihan warna atau efek pada videomu. Jangan terlalu berlebihan, tapi buatlah nuansa baru agar mood dalam video tercipta sesuai keinginanmu.

5. Pemilihan Musik dan Peracikan Efek Suara


Apa “mood” yang inginkamu bangun dari videomu? Maka penentuan music akan berpengaruh. Gunakanlah music tempo cepat dan ramai untuk video yang ceria dan bersemangat, sebaliknya kamu bisa menggunakan lagu dengan tempo lambat untuk mood sedih atau tenang. Perhatikan juga efek – efek suara dari setiap kejadian dalam videomu untuk membuat lebih hidup isi dari videomu.

Semoga artikel ini bermanfaat untuk memaksimalkan smartphone yang kamu punya dalam videografi. Pantau terus @lensacommunity di Instagram untuk dapatkan update terbaru seputar dari visualgrafi mulai dari fotografi, videografi, vlog, dan lainnya. Sampai jumpa di artikel selanjutnya.