Hutan selalu jadi pilihan tempat yang recommended buat Lo yang mau punya foto berbeda. Nggak cuma hasilnya, tapi juga experience saat Lo motret juga pasti seru dan berkesan. Di lain hal, hutan juga punya keunikannya sendiri buat jadi background yang keren buat objek foto Lo.

Ditambah lagi, Indonesia masih banyak daerah yang memiliki hutan yang bisa Lo kunjungi. Jadi rasanya sayang kalo nggak Lo eksplor sebaik mungkin. Nah, bagi Lo yang udah ada keinginan untuk motret, ada baiknya simak 10 tips motret di hutan terlebih dahulu supaya hasilnya lebih maksimal di bawah ini.

 

1. Buat rencana yang matang

Sebelum Lo berkunjung ke hutan, wajib hukumnya untuk mengetahui dulu kondisi medan di sana. Mulai dari akses, pencahayaan, sampai hal apa yang bikin lokasi itu menarik. Sehingga, Lo bisa buat rencana akan datang jam berapa, akan lewat jalur mana, dan spot mana aja yang akan Lo datangi.

Jangan lupa buat pertimbangkan kondisi cuaca! Apalagi untuk hutan yang berada di pegunungan, kondisi cuaca bisa sangat nggak menentu.

 

2. Buat List Barang yang Diperlukan 


Sebelum berangkat, untuk mempermudah Lo perlu buat rincian barang-barang yang akan dibawa. Mulai dari perlengkapan motret seperti tripod, flash, dan memory card sampai kebutuhan logistik seperti air minum dan cemilan. Tapi juga pastikan kalo barang-barang yang Lo bawa nggak akan menyusahkan Lo selama di hutan, ya!

 

3. Pastikan kondisi baterai penuh!


Yap! Ini penting banget buat mastiin baterai kamera dan handphone Lo sudah terisi penuh. Bahkan, kalau perlu Lo bawa baterai cadangan. Karena di hutan sudah pasti nggak ada tempat buat Lo tumpangi nge-charge baterai. Nggak banget kan kalau pas lagi ada momen dan objek bagus, eh tiba-tiba baterai kamera low~



4. Framing

Coba perhatikan sekitar Lo!  Banyak hal menarik seperti pohon, ranting, dan elemen alami lainnya untuk jadi framing dari object yang mau ditonjolkan. Tapi perlu Lo pastikan, saat menggunakan framing usahakan objek bisa lebih dicondongkan dan framing nggak lebih dominan dari objek. Ini akan membantu Lo dapat hasil foto yang menarik. 


 

5. Coba smoke bomb!

Kalau dipakai dengan aman dan benar, bom asap warna-warni ini bisa menambahkan efek seperti fantasi pada fotografi hutan. Lo bisa bikin suasana magis dan dramatis sekaligus di dalam hutan.  Biar makin all out, Lo juga bisa tambah dengan kostum karakter seperti penyihir atau peri yang lagi bersembunyi di antara pepohonan. 





6. Ambil angle berbeda 

Eksplor lingkungan di sekitar Lo untuk mengambil shoot dari sudut pandang yang berbeda. Coba jajaki satu-satu tiap area di hutan Lo pasti akan mendapatkan pemandangan yang berbeda. Supaya hasil fotomu beragam, coba beberapa angle foto yang bisa Lo saat di hutan berikut ini.
 

  • Low angle

  • Bird’s eye view

  • Eye level

  • High level

  • Frog eye view

  • dll

 

7. Datang lebih awal

Jika Lo sudah tau kapan waktunya golden hour atau blue hour, baiknya Lo datang lebih cepat. Karena Lo perlu waktu juga untuk cari spot yang pas, aman, dan nyaman buat eksekusi foto. Lebih baik menunggu daripada Lo kelewat momen itu. Apalagi Lo udah jauh-jauh dateng, kan?



8. Bawa jenis lensa berbeda

Mau motret di hutan, tapi bingung bawa lensa apa aja, ya? Lo bisa pakai lensa tele, wide, dan makro

Pertama, lensa tele akan memberi Lo pemandangan yang lebih rapat dengan sedikit distorsi, cocok banget buat Lo yang mau ambil foto burung di hutan. Kedua, lensa wide akan menangkap lebih banyak pemandangan dalam satu gambar, cocok buat Lo yang berencana motret pemandangan alam. Ketiga, lensa makro memungkinkan Lo menangkap objek kecil yang lebih detail seperti serangga atau tekstur dari batang pohon. Tapi, pastikan juga ya kalo jenis lensa yang dibawa sesuai dengan kebutuhan Lo!

 



9. Bermain dengan DOF (Depth of Field)

DOF yang sempit akan memberi Lo latar belakang buram dan membuat objek dalam foto semakin menonjol. Sementara DOF yang besar akan memastikan bahwa semua objek di foto Lo fokus.Lo lebih suka atau sering pakai yang mana nih?





10. Pakai filter polarizer

Last, but not least! Filter polarize bisa jadi rekomendasi filter yang bisa Lo bawa buat motret di hutan. Jenis filter ini akan membantu hasil foto Lo punya warna yang menonjol, mengurangi pantulan, dan menyaring cahaya terang.

Well, itu dia beberapa tips dasar buat motret di hutan. Buat yang belum pernah motret di hutan, nggak ada salahnya coba hal baru, kok. Karena percayalah, Lo nggak akan mendapatkan momen yang sama meskipun Lo sudah datang dua atau tiga kali ke lokasi dan sudut yang sama. Lingkungan akan terus berubah dan memberi Lo kemungkinan tak terbatas untuk menghasilkan gambar yang terus berbeda. Tapi, perlu diingat untuk menghormati lingkungan dimanapun Lo berada. Selamat mencoba dan bagikan tips ini ke teman-temanmu yang mau hunting foto di hutan, ya!