Pernah dengar istilah ink photography? Istilah ini merujuk pada salah satu jenis water photography yang mengandalkan tinta berwarna-warni sebagai objek utama. Meskipun terdengar sederhana, namun, hasil foto dari jenis fotografi yang satu ini cukup keren dan disukai oleh banyak orang, lho.

Ketika melakukan ink photography, Lo akan membutuhkan akuarium berisi air sebagai media di mana tinta yang akan dipotret dituangkan. Nah, nggak perlu biaya mahal, Lo juga bisa kok mempraktekan ink photography dengan versi low budget. Simak panduan membuat ink photography serta tips dan trik membuat ink photography pada artikel ini, ya!

DIY Ink Photography

Nggak cuma kamera dan lighting yang memadai, dalam membuat ink photography, Lo juga akan membutuhkan beberapa alat baik untuk pemotretan, setting objek, hingga properti. Berikut beberapa alat yang akan Lo perlukan:

  1. Alat untuk Pemotretan berupa kamera, tripod, lighting set, meja, dan backdrop foto.
  2. Alat dan Bahan untuk Akuarium berupa akuarium atau kaca akuarium, lakban, penggaris, dan aquarium silicon.
  3. Alat untuk Properti Foto berupa tinta akrilik, air bening, dan jarum suntik.

Kalau daftar alat di atas sudah siap semua, kini waktunya Lo mengikuti beberapa step untuk membuat ink photography. Ini dia langkah-langkahnya:

1. Langkah Pertama: Buat Akuarium
​​​​​

Cara membuat ink photography yang pertama adalah dengan membuat akuarium. Lo bisa membuat akuarium dari bidang kaca dalam berbagai ukuran, besar atau kecil, tergantung preferensi Lo.

Misalnya, untuk akuarium dengan dimensi 30x20x20 cm, Lo akan membutuhkan satu bidang kaca untuk panel bawah berukuran 29,40×19,40 cm, dua bidang kaca untuk panel depan dan belakang berukuran 30×20 cm, serta dua bidang kaca untuk panel berkuran 19,40×20 cm. Ketika semua sudah siap, Lo bisa merekatkan masing-masing bidang kaca menggunakan aquarium silicon agar dapat menempel dengan erat. Kalau sudah berhasil, tinggal tunggu aquarium silicon-nya kering secara sempurna, deh.

Oh ya, Lo bisa melewati step ini jika sudah punya aquarium jadi, ya.

2. Langkah Kedua: Isi Akuarium dengan Air

Kalau aquarium DIY Lo sudah jadi, langkah selanjutnya adalah mengisi akuarium menggunakan air bening. Jangan lupa, Lo harus mengisi airnya hampir penuh supaya ketika tinta disuntikkan ke dalam air, tinta yang Lo gunakan nggak langsung menyentuh dasar akuarium terlalu cepat sehingga Lo punya lebih banyak waktu mengambil momentum yang pas.

3. Langkah Ketiga: Siapkan Set Foto dan Lighting

Saatnya Lo mengatur mood yang ingin Lo tampilan dari hasil ink photography Lo. Lo bisa menggunakan backdrop foto serta lighting tambahan dengan warna yang sesuai dengan preferensi Lo, sehingga hasil fotonya nanti akan makin ciamik. Jangan lupa, set juga kamera menggunakan tripod dengan jarak serta tinggi yang sesuai dari objek foto.

4. Langkah Keempat: Masukkan Tinta Akrilik dalam Suntik
Aquarium sudah siap, set foto udah mantap? Kalau iya, Lo kini bisa menyiapkan tinta akrilik yang akan Lo gunakan untuk foto ke dalam suntik. Hal ini akan berguna banget untuk membantu Lo menuangkan tinta ke dalam air bening.

Oh ya, Lo juga bisa menggunakan warna tinta akrilik apapun dan berapapun, ya. Mau kombinasiin warna tinta merah dan biru? Atau, hitam dan abu? Bisa banget!

5. Langkah Keempat: Waktunya Foto

Langkah terakhir, saatnya ambil foto tinta yang dituangkan ke dalam akuarium yang sudah Lo siapkan. Lo bisa meminta bantuan teman untuk menyuntikkan tinta ke dalam akuarium, selagi Lo memegang kendali kamera.

Lo bisa memberi instruksi kepada teman Lo untuk menyuntikkan tinta ke dalam aquarium secara perlahan buat menangkap momen yang pas.

Gampangkan kan, cara membuat ink photography? Nah, supaya hasil fotonya makin mantap, ada beberapa tips dalam melakukan ink photography yang bisa Lo terapin juga, nih:

  • Pilih warna tinta yang menarik untuk menghasilkan visual yang unik. Lo bisa menggunakan 2-3 jenis warna yang eye catching supaya hasil foto Lo juga makin keren. Oh ya, memahami perpaduan warna juga penting ya dalam jenis fotografi yang satu ini.
  • Background foto itu nggak selalu hitam atau putih, kok. Lo bisa menggunakan backdrop foto beragam warna-warni, selama warnanya bisa membuat hasil foto Lo semakin berkarakter.
  • Menyuntikkan tinta ke dalam air tentu akan memiliki banyak bentuk yang berbeda-beda, tergantung dari mana angle yang Lo pilih. Untuk mencari tahu sudut mana yang menarik saat pengambilan foto, Lo bisa lakukan trial and error terlebih dahulu dengan menyuntikkan tinta ke dalam air secara berkali-kali.

Itu dia cara membuat ink photography dan tips dalam memotret ink photography supaya hasilnya makin keren. Kalau Lo mau coba jenis fotografi yang satu ini, pastikan Lo upload hasilnya di Instagram dan tag @lensacommunity, ya. Semoga berhasil