Apa Itu NFT?



Non Fungible Token atau NFT adalah aset digital dalam bentuk foto, lukisan, musik, dan jenis karya seni lainnya yang dipakai sebagai bukti kepemilikan barang yang dibeli dengan mata uang kripto (cryptocurrency). Setiap NFT mengandung catatan transaksi dalam blockchain yang berisi data pembuat, harga, sampai histori kepemilikan.

Nilai harga NFT yang akan diperdagangkan akan ditentukan oleh pasar dan jumlah permintaan dan salinan NFT sendiri akan menjadi bagian yang valid dari blockchain dan produk yang diperjualbelikan adalah aset digital yang diproteksi oleh blockchain. Pengertian dari blockchain sendiri adalah sebuah teknologi yang digunakan sebagai sistem penyimpanan data digital yang terhubung melalui kripto.

NFT sendiri sudah ada sejak tahun 2014 hingga sekarang menjadi salah satu tren jual beli karya seni secara digital terpopuler di tahun 2021. Hal ini didukung dengan total penjualan NFT secara keseluruhan dari tahun 2020 sampai 2021 mengalami kenaikan hingga 55 persen.

Sampai mendadak pada awal tahun 2022, NFT menjadi buah perbincangan dikarenakan anak muda yang bernama Ghozali Everyday. Dia berhasil menarik perhatian dengan menjual foto selfienya dalam kurung waktu lima tahun belakangan, Ghozali sudah menjual 933 foto NFT dengan menggunakan platform OpenSea. Satu foto selfie Ghozali dihargai dengan harga terendah yaitu 0,13 ethereum atau sekitar Rp 6 juta hingga 0,7 ethereum atau sekitar Rp 31 juta.

Setelah itu, banyak yang mencoba mengikuti jejak Ghozali Everyday. Seperti, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil yang sudah membuat akun di OpenSea untuk memfasilitasi para pelaku ekonomi kreatif. Dia melihat peluang baru lewat NFT dan OpenSea merupakan salah satu marketplace NFT.

Gimana Cara Membuat NFT?
 



Sebenarnya buat Lo yang nggak terlalu mengenal tentang industri kripto pasti akan berpikiran kalau cara membuat NFT itu susah. Padahal, cara membuat NFT itu relatif mudah, kok. Langkah pertama yang perlu Lo lakuin adalah menentukan blockchain NFT itu sendiri. Karena setiap blockchain akan memiliki standar token NFT yang terpisah, wallet service yang kompatibel, dan marketplace sendiri.

Misalnya Lo mau membuat karya seni pada blockchain yang berbasis ethereum, Lo harus memiliki wallet ethereum yang mendukung ERC-721 atau standar token NFT yang berbasis platform tersebut, seperti MetaMask, Trust Wallet, atau lainnya.

Selanjutnya, Lo tinggal memilih platform untuk menghubungkan wallet ethereum dan mengunggah karya seni pilihan yang akan Lo ubah menjadi NFT. Apa sajakah itu? Ini dia contoh platform marketplace NFT yang bisa Lo pilih yaitu OpenSea. 

Langkah Awal untuk Menjual NFT di Platform OpenSea
 



Sebelum terjun ke dunia NFT, Lo harus memiliki wallet digital yang bebasis mata uang kripto dan memilih basis ethereum. Baru setelah itu Lo bisa mulai untuk transaksi NFT di OpenSea. Berikut langkah awal membuat akun di platform OpenSea:
 

1. Buat wallet digital Lo, misalnya MetaMaks.

2. Setelah itu, buka link https://opensea.io

3. Klik ikon dompet atau ikon foto profil, kemudian pilih “Connect Wallet”

4. Pilih dompet digital yang sudah Lo buat sebelumnya, misalnya MetaMask

5. Kemudian, buka extension MetaMask yang sudah Lo install di browser dengan klik ikon puzzle yang biasa ada di samping kolom pencarian situs.

6. Klik “Connect Wallet” Lalu, dompet digital MetaMask Lo akan terhubung ke OpenSea

7. Selanjutnya, klik “Account” kemudian klik “Profile” untuk melakukan pengaturan profil di OpenSea

8. Masukkan username, alamat email, dan data diri Lo kemudian klik “Save”

9. OpenSea akan mengirim pesan verifikasi  ke alamat e-mail Lo.

10. Setelah Lo verifikasi, akun OpenSea sudah siap untuk menjual serta membeli NFT.

Setelah Lo memiliki akun pada platform OpenSea. Sekarang saatnya Lo bisa memulai untuk menjual NFT di platform tersebut, dengan cara berikut ini: 
 

1. Buka OpenSea, klik “Create” Masukkan foto yang ingin Lo jadikan NFT.

2. Masukkan nama NFT dan pengaturan blockchain yang Lo gunakan.

3. Apabila telah selesai klik “Create” yang berada di bagian bawah halaman OpenSea.

4. Dengan begitu, NFT Lo sudah siap untuk dijual.

5. Selanjutnya, Buka “My Collection” dengan klik foto profil yang berada di pojok kanan atas halaman OpenSea.

6. Pilih NFT Lo, kemudian klik “Sell”.

7. Pilih rencana penjualan yang akan Lo gunakan. Apabila ingin menjual langsung klik opsi “Fixed Price”, sedangkan untuk  lelang klik opsi “Time Auction”.

8. Masukkan harga NFT dengan mata uang kripto Ethereum yang Lo mau.

9. Lo juga bisa atur durasi penjualan NFT tersebut di kolom “Duration”.

10. Setelah selesai mengatur, klik “Complete Listing”.

11. Kemudian, OpenSea bakal membuka extension MetaMask Lo untuk melakukan konfirmasi daftar penjualan NFT. 

Yang harus diketahui juga, untuk bisa mengkonfirmasi penjualan NFT,  setidaknya ada saldo 0,05 Ethereum di dalam MetaMask. Kemudian, apabila ada transaksi di OpenSea Lo akan dikenakan biaya sebesar 2,5 persen yang diambil dari hasil penjualan NFT. Setelah semua itu kunci yang terpenting tetap konsisten ya. Jadi, itulah arti dari NFT dan langkah awal untuk Lo menjual NFT di platform OpenSea. Selamat mencoba dan jangan lupa untuk share artikel ini ke temen-temen Lo ya!