Semoga kamu tidak merasakan kejadian seperti ini, kalaupun merasakan setidaknya kamu jangan panic tapi segera lakukan pertolongan pertama. Walaupun siapa coba orang yang gak panik jika kamera kesayangannya yang terbilang cukup mahal jatuh ke dalam air.

Ada beberapa hal yang kamu lakukan jika terjadi peristiwa tersebut, minimal ada harapan kamera tidak rusak atau rusak dengan resiko yang kecil. Apa saja itu? Cek tips berikut.

1. Segera Ambil Kameramu

Jangan terbawa panik, kamu harus berpikir mengutamakan keselamatan kameramu. Segera ambil biar jatuh ke dalam airnya tidak terlalu dalam. Kadang beberapa orang kaget dan diam sejenak akhirnya kamera jatuh lebih dalam dan banyak air yang masuk ke dalam kamera.

2. Jangan Tekan Apapun, Cabut Baterai Segera!



Gak perlu lagi cek body atau lensa, jangan menekan tombol apapun. Segera putus aliran listrik di kamera dengan mencabut baterai sehingga meminimalisir kerusakaan pada bagian – bagian yang teraliri listrik.

3. Cabut Memory Card



Segera cabut memory card Kamu untuk mengamankannya agar tidak membuat air masuk kedalamnya sehingga merusak elemen yang ada di dalam memory card Kamu.

4. Lepaskan Lensa



Lepaskan lensa kameramu, Kamu akan bisa melihat seberapa banyak air yang masuk ke dalam body kameramu. Sekaligus juga untuk membiarkan kamera Kamu terkena suhu ruangan.

5. Keringkan Dan Pendam Di Beras



Pastikan kamera diletakkan di tempat yang benar dan kering kemudian hembuskan Hairdryer sampai benar – benar kering, harus benar – benar kering. Usap body kamera dan part lainnya yang masih dijangkau dengan lap kering. Setelah itu taruh di beras dan tutupi dengan beras 5-6 hari

6. Pasang dan Nyalakan



Setelah kering, angkat dari beras dan hembuskan lagi hairdryer untuk memastikan partikel – partikel dari beras hilang. Setelah rakit kembali dan nyalakan.

Semoga artikel kali ini bisa memberikan informasi dan edukasi yang dibutuhkan olehmu untuk meningkatkan wawasan dan skill-mu yah. Jangan lupa follow @lensacommunity untuk mendapatkan update terbaru seputar informasi visualgrafi.