Tidak pernah ada yang menduga banyak hal buruk yang terjadi pada kameramu saat sedang hunting atau kegiatan lain seperti jatuh, terkena air, bahkan mekanis pada kamera yang macet dan sebagainya. Namun jika hal tersebut terjadi maka hal yang pertama adalah kurangi panic dan amati bagian yang rusak tersebut, apakah sudah fatal atau masih bisa diperbaiki. Oleh sebab itu kali ini Lensa Community akan memberikan tips memberikan tentang pertolongan pertama pada kamera. Lengkapnya bisa simak di bawah.
  1. Kamera terkena air

Bila kameramu terciprat atau terjatuh ke air, kemungkinan beberapa komponen akan basah seperti sirkuit elektronik, lensa, bahkan sensor. Hal ini bisa mengakibatkan kerusakkan pada  kamera. Hal yang pertama kamu lakukan jika mengalami hal ini adalah maka bongkar semua bagian kamera lalu keringkan semua dengan lap dan  hairdryer. Namun bila masih mengalami kerusakkan bawa segera ke tempat servis kamera. Pada intinya pastikan semua komponen harus dalam keadaan kering untuk mencegah kerusakkan yang menjalar.
  1. Lensa kamera tergores

Jika tergores terlalu parah atau pecah maka harus ganti baru, namun bila hanya sedikit kamu bisa menggunakan pasta gigi lalu kamu oleskan di lensa searah jarum jam perlahan hingga goresannya menghilang, atau menggunakan cairan alcohol 70% dicampur dengan air 100ml sebagai alternative pasta gigi.
  1. Kamera mati total

Kebiasaan lupa mengisi ulang baterai kameramu bisa jadi faktor kameramu susah menyala, tapi apabila hal seperti itu terjadi, kamu harus mencoba cek dahulu dengan chargermu sampai muncul indicator baterai dalam proses pengisian.

Semoga ini bisa jadi bantuan buatmu ketika mengalami hal yang tidak ingin kejadian di kameramu. Semoga artikel ini bermanfaatmu yah. Jangan lupa untuk follow dan pantau @lensacommunity untuk mendapatkan informasi seputar audio-visual terupdate dan inspirasi untuk berkarya.