4 Nama Ini Akan Terbang Ke Vietnam Bersama Lensa Community

LAZONE.ID - Siapa aja mereka?

Setelah menempuh proses yang sangat panjang dan tahap seleksi yang sangat ketat, akhirnya terpilihlah 8 finalis yang berhak masuk ke seleksi tahap akhir memperebutkan 4 tiket emas Lensa Project “Capture Vietnam”.
8 Finalis ini dituntut menunjukkan segala keahlian dan kemampuannya untuk memperebutkan 1 posisi di 4 bidang keahlian masing – masing. Tempat seleksi tahap akhir ini digelar di ibukota Jakarta dan dibimbing dan diseleksi langsung SIM F sebagai Project Leader-nya. Seleksi dan inkubasi digelar selama 3 hari mulai dari tanggal 1 – 3 November 2019. Lensa Community bersama Project Leader telah mempersiapkan semuarangkaian aktivitas untuk 8 finalis.  



Di Hari Pertama para finalis langsung di sambut oleh team Lensa Community dan di hari itu juga mereka diberikan arahan dan tasking oleh Sim F sebagai Project Leader. Arahan dan task tersebut akan menjadi acuan para finalis untuk mengambil gambar di keesokan harinya.

Di hari kedua, para finalis mulai melakukan proses pengambilan gambar sesuai dengan konsep yang telah mereka sampaikan kepada Project Leader. Di pagi hari mereka sudah menyebar di area pasar Asemka,  setelah itu para peserta dibawa ke destinasi kedua yaitu di sekitar Kota Tua untuk mengeksplore area tersebut hingga makan siang. Setelah menyantap makan siang para finalis pindah lagi ke destinasi terakhir yaitu daerah pelabhan Sunda Kelapa yang terkenal dengan deretan kapal kuno yang masih beroperasi sampai sekarang.



Akhirnya sekitar pukul 17:00 WIB kegiatan di hari kedua ini selesai dan para peserta kembali ke penginapan untuk makan malam dan istirahat, serta bersiap untuk proses selanjutnya yaitu tahap Editing Session.



Pada Editing Session ini 8 peserta dituntut untuk membuat hasil karya sesuai bidang keahlian mereka mulai dari mengedit, menyusun cerita, dan lainnya serta menyajikan hasil karya mereka untuk presentasi di hari ketiga. Editing Session ini memakan waktu hingga 4 jam. Para peserta dituntuntu untuk mengasilkan karya yang keren dengan waktu yang singkat.

Hari ketiga menjadi penentuan untuk pengumuman 4 finalis yang berhak ke Vietnam dan 4 yang dipulangkan. Presentasi hasil karya dimulai oleh sambutan SIM F selaku Project Leader yang akan langsung memilih 4 finalis yang berhak bersamanya terbang ke Vietnam. 8 peserta kemudian dipanggil satu per satu untuk mempresentasikan hasil karyanya. Semua peserta begitu terlihat layak untuk lolos  semuanya. Ini merupakan pilihan sulit untuk project leader dan tim Lensa Community menentukan 4 finalis.



Setelah semua presentasi selesai, masuk ke tahap penjurian. Proses ini cukup terbilang lama karena butuh ketelitian dan detail yang akurat untuk menentukan siapa yang lolos. SIM F yang merupakan professional punya penilaian sendiri untuk menentukan siapa  yang lolos dengan berbagai pengalamannya yang lama di industri ini.   

Akhirnya pengumuman 4 finalis dibacakan setelah melakukan proses penjurian yang lama terpilihlah 4 finalis yaitu:
  • Fotografer: Hutomo Abrianto
  • Videografer: Alisyam
  • Vlogger: Hari Obbie
  • Drone Pilot: Ghulam Amri Rosyada
4 finalis tersebut kemudian mengadakan briefing bersama SIM F untuk mempersiapkan “big bang” selanjutnya yaitu Capture Vietnam. SIM F menjelaskan semua persiapan yang harus disiapkan mulai dari mental, konsep karya yang akan dibuat di sana, serta peralatan yang harus disiapkan. Semua itu disampaikan SIM F secara detail.

Dan Akhirnya inilah keseluruhan rangkaian kegiatan seleksi tahap akhir di Jakarta. Untuk kalian yang ingin tahu bagaimana perjuangan 4 finalis dan Project Leader di Vietnam nanti, saksikan terus Instagram @lensacommunity. See you