5 Etika Memotret

LAZONE.ID - Ada aturan gak tertulis yang harus dipatuhi, demi keamanan dan kenyamanan bersama.

Dalam memotret ada beberapa aturan yang tak tertulis namun ini adalah etika sebagai fotografer profesional dalam melaksanakan tugasnya. Beberapa hal mungkin terkesan sepele tapi bagaimanapun untuk menunjang kelancaran dan kenyamanan dalam proses bekerja bagi semua pihak, maka kamu perlu catat dan terapkan hal – hal berikut:
 
  1. Jangan Menyentuh Model

Memberikan arahan bukan berarti harus menyentuh, apalagi terkesan asal dan terlebih jika model itu wanita. Karena itu akan menimbulkan model menjadi risih. Ketika kamu direct seorang model cukup berikan dia arahan atau mencontohkan pose yang kamu inginkan.
 
  1. Tidak Mengganggu Sekitar
Pastikan proses photoshoot-mu tidak menghalangi kegiatan lainnya yang ada di sekitar, hal ini sering terjadi pada fotografi outdoor dimana banyak faktor yang bisa menghambat proses photoshoot-mu tapi bukan jadi alasan kamu mengganggu kegiatan di sekitarmu terlebih itu tempat umum.
 
  1. Jangan Sembarangan Memasuki Area

Demi gambar bagus kadang banyak orang nekat memasuki area – area yang butuh perizinan. Nah sebagai seorang profesional, lebih baik mencegah hal – hal yang tidak diinginkan daripada proses photoshoot malah jadi terganggu. Cobalah untuk mengikuti perizinan pada pihak yang bersangkutan apabila ingin masuk ke area tertentu.
 
  1. Minta Izin sebelum Memotret Seseorang

Untuk fotografer street/human interest biasanya banyak berburu gambar secara candid namun bila objek tersebut manusia, ada baiknya kamu meminta izin terlebih dahulu karena tidak semua orang kadang ingin dipotret.
 
  1. Gunakan Flash di waktu dan Tempat yang Tepat
Lampu kilatan flash kadang bisa mengganggu kenyamanan orang lain, oleh sebab itu pakailah Flash se-tepat mungkin benar – benar jika dibutuhkan, apalagi saat kamu terjun di Stage Photography. Usahakan meminimalisir penggunaan flash.

Walaupun sepele tapi kamu harus tetap lakukan, sebab kamu harus ingat photoshoot bukan hanya tentang kamu memotret tapi berkaitan dengan pihak yang ada di sekitarmu.

Semoga artikel ini bermanfaat untuk kamu semua yah. Follow dan pantau terus @lensacommunity untuk mendapatkan berita terupdate seputar fotografi, videografi, dan hal yang lainnya. Sampai jumpa di artikel berikutnya.