5 Larangan Drone Pilot

LAZONE.ID - Apa aja hal yang harus dihindari?

Menggunakan drone memang tidak boleh sembarangan, ada banyak aturan yang harus dipahami oleh drone pilot, karena bila tidak dipatuhi akan mengganggu hingga membahayakan yang ada di sekitarmu. Aturan ini sangat penting kamu patuhi sebagai drone pilot pemula maupun professional. Ingin tahu lengkapnya? Kamu simak hal di bawah ini:
  1. Jangan Terbang di Kawasan Terbatas dan Terlarang
Drone miliki aturan tertulis tentang kawasan yang dilarang menerbangkan drone. Seperti Bandar udara, kawasan militer, dan kawasan public yang sifatnya bukan untuk masyarakat sipil.
  1. Jangan Terbangkan Drone di atas Batas Ketinggian
Di Indonesia drone dilarang keras untuk terbang di atas 150 meter, karena dikhawatirkan akan mengganggu jalur penerbangan dan akses udara lainnya.
 
  1. Jangan menerbangkan Drone di atas kepala manusia
Selain membahayakan, drone yang terbang melintas tepat di atas kepala manusia tentunya mengganggu aktivitas manusia tersebutdari angin yang dihasilkan baling – balingnya atau suara berisiknya.
  1. Jangan Terbiasa Menggunakan Auto Pilot
Walaupun fitur mode auto pilot sangat membantu drone pilot, tapi pastikan kamu jangan sesering mungkin menggunakan mode tersebut, usahakanlah kamu mengendalikan secara manual agar mudah dikendalikan bila terjadi sesuatu.
 
  1. Jangan Menerbangkan Drone tanpa Prediksi Cuaca
Apabila drone terbang di saat cuaca tidak mendukung seperti angina dan hujan itu akan membuat dronemu bisa rusak atau kehilangan kendali dan tentunya bisa merugikan dirimu sendiri apabila drone tersebut jatuh atau mengalami kerusakan kelistrikan.


Menerbangkan Drone harus sesuai dengan aturan dan etika yang berlaku demi kenyamanan dan keamanan drimu, dronemu, dan orang yang ada di sekitarmu.
Semoga artikel ini bermanfaat untuk kamu semua yah. Follow dan pantau terus @lensacommunity untuk mendapatkan berita terupdate seputar fotografi, videografi, dan hal yang lainnya. Sampai jumpa di artikel berikutnya.