5 Tips Cycling Photography

LAZONE.ID - Abadikan momen petualangan bersepeda kalian!

Bersepeda menjadi salah satu gaya hidup populer saat ini. Di tengah pandemi yang belum bisa diprediksi kapan usai, bersepeda jadi pilihan untuk menjaga kesehatan tubuh yang akhirnya kini jadi “hype” di mana – mana. Momentum ini ternyata tak lepas dari bidikan para fotografer yang menjadikan sepeda sebagai objek foto saat ini. Tapi memotret sepeda itu ternyata cukup susah apalagi kalau sambil bergerak, tapi tenang … @lensacommunity punya tips buat kamu semua bagaimana cara memotret sepeda atau dikenal saat ini dengan isitilah “cycling Photography” langsung saja simak tips berikut.
  1. Gunakan Angle Close-Up
Teknik yang efektif dalam fotografi olahraga adalah menangkap perjuangan yang harus diatasi atlet selama pertandingan, dan perjuangan itu paling baik diilustrasikan lewat wajah sang atlet. Dalam kasus bersepeda, pengendara akan terus terus-menerus mengerahkan tenaga, dan foto yang menarik akan menangkap keringat, rasa sakit, dan tekad. Ini bisa menjadi sebuah point of interest dari subjek foto yang kamu potret.
  1. Teknik Panning Untuk Ciptakan Gerak
Lebih dari itu, bersepeda adalah olahraga tentang gerak. Untuk mengilhami fotomu dengan kesan gerak, teknik terbaik untuk diterapkan adalah Panning. Memotret sepeda saat bergerak melaju dengan background yang blur bisa menampilkan sesuatu yang lebih menarik.
  1. Perhatikan Background!
Background yang menarik juga bisa membuat framing fotomu jadi lebih bervariasi. Dengan subjek fotonya adalah sepeda kamu bisa menambahkan Visual Weight lainnya dengan komponen dan background yang akan ada dalam fotomu nanti.
  1. Eksperimen Dengan Beda Perspektif
Pertimbangkan Rule Of Third, susun frame mu dengan sepeda sebagai subjek gambar yang mendominasi. Tapi perlu diingat tujuanmu memotret sepeda tersebut untuk menggiring audiens yang melihat berkesan seperti apa? Misalkan saja kamu memotret pesepeda dengan background sebuah taman di mana kanan kiri pesepedamu terdapat orang – orang yang sedang lari pagi dan senam sehingga mengarahkan audiens untuk berpikir kalau ini adalah suasana sehat berolahraga di pagi hari. Kamu bisa berkreasi dengan perspektif yang kamu inginkan.
  1. Aktifkan Continous Mode
Mode ini akan mengambil pergerakkan gambar satu demi satu, apalagi sepeda ini kan benda bergerak butuh pengambilan gambar yang tepat dan cepat juga. Selain itu dari situ kamu bias memperoleh banyak hasil gambar yang bisa kamu pilih.

Itu dia 5 tips untuk Cycling Photography semoga ini bisa menjadi ilmu baru serta pengalaman seru di masa pandemi saat ini. Follow dan pantau terus @lensacommunity untuk mendapatkan berita terupdate seputar fotografi, videografi, dan hal yang lainnya. Sampai jumpa di artikel berikutnya.