5 Tips Mendapatkan Real Skin Color

LAZONE.ID - Warna yang pas bikin komposisi foto makin seimbang

Mendapatkan warna kulit yang sempurna dari objek gambar itu sangat penting bagi fotografer. Karena dari warna kulit yang sempurna maka gambar akan lebih enak dipandang dan memiliki “spirit” yang lebih bersemangat.
Namun untuk mendapatkan warna kulit sempurna atau dalam istilah “Real Skin Color” ini gak semudah yang kamu bayangkan, ada beberapa detail yang harus diperhatikan mulai dari pencahayaan, white-balance, dan proses editing yang tidak berlebihan. Ingin tahu lebih lengkapnya, berikut tips untuk mendapatkan Real Skin Color.
  1. Gunakan Exposure Yang Benar
Mengawali gambar yang cukup terang untuk bagian kulit memungkinkan untuk mendapatkan warna kulit yang bagus. Gunakan cahaya sebanyak mungkin tapi tidak boleh membuat Highlight jadi berlebihan. Hal ini juga mempermudah dalam proses editing nantinya.
  1. Letak Objek Sesuai Dengan Pencahayaannya
Kebanyakan fotografer takut memotret di bawah sinar matahari yang terik. Tapi kalau paham triknya seharusnya tidak menjadi masalah. Letakkan objek di bawah bayangan, Lalu sebagai fotografer, berdirilah di bawah cahaya membelakangi matahari sementara objek menghadap ke cahaya. Ini akan menghasilkan cahaya reflektif pada objek dan background yang lebih gelap
  1. Pilih Permukaan Reflektif Yang Natural
Hindari menggunakan wardrobe dengan warna mencolok di hari yang terang karena warna tersebut bisa memantul ke kulit. Pemilihan background juga penting, karena apapun itu warna dari permukaan beberapa medium bisa mempengaruhi warna kulit.
  1. Jangan Lupa Kalibrasi Monitor
Pastikan warna pada monitormu cocok dengan hasil yang akan kamu dapatkan dari gambar. Kamu dapat mengujinya dengan membandingkan hasil gambarmu dengan apa yang kamu lihat di layar. Jika itu cocok, bagus, jika tidak kamu harus mengkalibrasi monitormu.
Mengkalibrasi monitor mungkin terdengar sulit, tetapi untuk mendapatkan warna sempurna harus dilakukan. 
  1. Proses Editing
Kamu bisa mengatur temperatur warna dan tint, untuk mengurangi warna yang mencolok dan mengurangi saturasi untuk memperbaiki warna kulit. Direkomendasikan cobalah untuk menggunakan Adobe Lightroom untuk memperbaiki kulit dan Adobe Photoshop untuk meningkatkan hasil gambar di akhir.

Itu dia 5 tips untuk mendapatkan Real Skin Color, semoga ini bisa menjadi ilmu baru buatmu semua. Follow dan pantau terus @lensacommunity untuk mendapatkan berita terupdate seputar fotografi, videografi, dan hal yang lainnya. Sampai jumpa di artikel berikutnya.