Berbagai Film Tentang Fotografi yang Wajib Ditonton

LAZONE.ID - Aksi dalam menghasilkan sebuah karya visual

Mungkin kamu sering menonton film dengan genre documentary atau sejarah dari sebuah tempat atau mengangkat seorang tokoh dunia. Tapi apakah saat ini kamu pernah menemukan film documentary yang mengupas cerita dunia fotografi? Rasanya sudah tidak ada mungkin apalagi di Indonesia sendiri. Inilah deretan film documentary tentang fotografi yang wajib banget kamu tonton.
  1. The Bang Bang Club

Film ini menceritakan tentang prilaku, sikap, kebiasaan seorang fotografer jurnalistik yang harus siap dengan segala situasi yang terjadi dari suatu kejadian. The Bang Bang Club merupakan film yang menceritakan kejadian pemerintahan di Afrika Selatan. Judulnya pun diambil dari nama kelompok photojournalist tersebut yang terdiri dari 4 anggota: Kevin Carter, Greg Marinovich, ken Oosterbroek, dan Joao Silva. Jenis fotografi dalam film ini mungkin sudah banyak digemari oleh para fotografer di Indonesia. Melalui film ini kita bisa belajar bagaimana peran karya fotografi dalam menjembatani suatu daerah dengan dunia internasional.
  1. Everybody Street

Dari judulnya kamu sudah bisa membaca genre fotografi yang ada di film ini. Yaps, Street Photography. Film tentang fotografi dokumenter Everybody Street membahas tentang semangat dalam mengabadikan kota New York dari street photography. Dari lima orang street photographer pada film ini membagikan pengalamannya dalam merekam keadaan yang terjadi pada sekitar di jalanan dengan gaya masing-masing. Buat kamu yang suka dengan fotografi jalanan cocok sekali film Everybody Street untuk ditonton.
  1. Everlasting Moment
Yang terakhir ialah film Everlasting Moment yang menceritakan sejarah sebuah kamera analog dengan berbagai moment berharga. Tokoh utama dalam film ini yaitu seorang perempuan, film documentary ini yang terletak pada tahun 1911. Dalam film ini memperlihatkan betapa berharganya sebuah kamera analog bagi Larrson untuk menemukan jati dirinya di usia yang sudah dewasa. Dengan latar belakang yang tidak mendapatkan pendidikan fotografi, insting yang ia miliki dalam mengambil gambar melampaui keahlian fotografer handal. 

Semoga dari sebuah film atau cerita dengan karya visual bisa menambah wawasan kamu untuk terus berkarya. Dan yang bisa menjadi daya pacu semangat kamu untuk menjadi seorang fotografer yang mencintai bidang itu sendiri. Simak terus intagram lensa community ya untuk dapetin info menarik dan ulasan artikel yang gak kalah menghibur. Jangan lupa ikuti rangkaian event terbesar tahun yaitu Lensa Project “Capture India” di akhir tahun ini. Kamu bisa raih tiket emas dengan mengikuti #LensaAcademy dan juga #LensaIndiaChallenge. Let,s Do It!