Berlatih Shooting Dengan Kamera Handheld

LAZONE.ID - Gak ada gimbal? Gak masalah!

Gambar goyang atau istilahnya adalah shaking akan terlihat menarik jika di tangan kameraman professional namun apa yang terjadi bila itu di tangan cameramen pemula pastinya gambar jadi tidak bisa dinikmati. Kenapa hal itu bisa terjadi? Itulah mengapa teknik menggenggam kamera atau handheld begitu penting. Lensa Community akan membantumu berlatih shooting dengan kamera handheld, berikut selengkapnya.
  1. Latih Tanganmu dalam memegang kamera
Tangan merupakan factor tumpuan utama dalam memegang kamera, bagaimana caranya kamu bisa senyaman mungkin dalam memegang kamera, seperti memegang kamera dalam keadaan berdiri, dalam keadaan berlutut, tiarap atau memanfaatkan yang ada di sekitar kalian sebagai tumpuan kedua agar kamera yang kamu genggam tetap stabil.
  1. Teknik kneeling
Ragam pengambilan angle dan framing tentunya mempengaruhi hasil gambar, kneeling atau menggunakan lutut sebagai tumpuan juga. Dalam teknik ini salah satu lutut akan menjadi tumpuan tangan dalam memegang kamera agar posisi tubuh tetap stabil ketika mengambil gambar.
 
  1. Memanfaatkan Medium sekitar sebagai penyangga
Tembok, tiang, dan medium lainnya bisa dimanfaatkan sebagai penyangga dari tumpuan tubuhmu. Misalkan saja menggunakan tembok untuk bersandar saat mengambil gambar, dengan adanya medium sekitar yang bisa menopang tubuhmu, gambar yang kamu ambil akan lebih stabil.



Beberapa hal di atas tadi latihan untuk memegang kamera atau handheld agar tetap stabil. Nah, kalau kamu ingin mendapatkan informasi seputar fotografi, videografi, vlog, drone, film, dan segala hal yang berkaitan dengan karya visual, follow dan pantau terus Instagram @lensacommunity. Sampai jumpa di artikel selanjutnya.