Untuk menghemat waktu saat mengedit foto di Lightroom, kamu bisa menggunakan preset yang di mana sudah banyak disediakan berbagai orang dan tinggal kamu unduh. Tapi pasti ada dong keinginanmu untuk membuat preset ala kamu sendiri supya berbeda dengan lainnya.  Karena presets terbaik adalah apa yang memenuhi kepuasan visual mu sendiri. Lalu bagaimana cara membuat preset sendiri. Ada beberapa langkah yang harus kamu buat bahkan sebelum bereksekusi, selengkapnya kamu simak di bawah yah.
  1. Cari Inspirasi Tone

Bikin presets tuh cuma atur tone dan simpan saja dengan format presetnya, mudahkan? Tapi kebayang gak bagaimana cara kamu bisa mencari inspirasi tone yang bisa memuaskan dirimu?
Kamu bisa mencari referensi – referensi baik yang terlihat di depan matamu atau di internet. Tujuannya bukan uBilantuk meniru tetapi memberikan gambaran dari tone yang inginf kamu buat.
  1. Modifikasi Yang Sudah Ada  Kesulitan
Bila kamu sangat kesulitan untuk menciptakan preset, kamu coba untuk memodifikasi yang sudah ada. Mungkin hal tersebut akan lebih mudah menuntunmu ke preset yang ingin kamu buat.
  1. Kuasai Setting Warna

“Biar gambar terlihat sejuk, apa yang kamu atur. Biar warnanya hanya merah yang muncul, apa yang harus kamu atur”. Di sini penting kamu kuasai tools dalam editing, setiap tools memiliki pengaruh untuk gambarmu, sebaiknya kamu pahami dulu sehingga kamu lebih mudah membuat presets.
  1. Eksekusi dan Simpan!

Kamu mulai mencoba dengan hasil fotomu. Upload di software (lightroom) lalu setting sesuai dengan yang kamu inginkan. Bila hasil setting gambarmu sudah memuaskan mata mu. Simpan dengan format presets yang ada sehingga kamu bisa pakai di semua gambarmu.

Mungkin itu beberapa tips dari Lensa Community tentang cara membuat preset-mu sendiri.  semoga bisa bermanfaat
 bikin hasil gambarmu jadi makin ciamik.
Kalau kamu ingin dapatkan edukasi dan informasi menarik seputar visualgrafi, follow @lensacommunity. Sampai jumpa di artikel selanjutnya.