Cara Mempercepat Proses Editing

LAZONE.ID - Menghemat waktu dalam mengolah foto

Banyak fotografer menggunakan beberapa software pengedit foto untuk Post-Processing gambar mereka. Adobe Photoshop adalah salah satu alat pengeditan foto paling populer di luar sana, dan ini adalah pilihan yang disukai banyak fotografer. Namun proses pengeditan memakan waktu yang cukup banyak, namun semua itu bisa diminimalisir agar kerjaan menjadi praktis. Bagaimana caranya? Simak ulasan di bawah.
  1. Pelajari Keyboard Shortcuts

Walaupun sepele tapi memindahkan tangan untuk memilih tools dengan mouse cukup memakan waktu. Nah ini gunanya Keyboard Shortcuts ini, sehingga kamu cukup menekan tombol kombinasi pada keyboard untuk mengaktifkan tools yang diinginkan
  1. Gunakan “Actions”

Daripada mengulangi langkah yang sama sepanjang waktu, buat “actions” sebagai gantinya. Kerja Photoshop pada dasarnya adalah file dengan serangkaian langkah yang telah direkam sebelumnya yang dapat kamu ingat dengan menekan sebuah tombol.
  1. Resize Batch Photos

Mengubah ukuran foto, jam kerja mu akan lebih hemat. Kamu tinggal membuka menu “script” dan tentukan pilihan yang ada. Hal ini akan berlaku untuk semua fotomu tergantung foto mana yang kamu pilih.
  1. Mengatur Layers

Di Photoshop, pengaturan layers ini sangat penting untuk mengkategorikan setiap elemen pada lembar kerjamu. Sehingga pekerjaanmu akan lebih teratur.
  1. Kustomisasi Menu

Menyesuaikan menu adalah salah satu fungsi yang ditawarkan Photoshop. Hal ini memungkinamu membuka menu tertentu dengan sangat cepat, bisa juga untuk mengatur ulang panel,  menyembunyikan item tertentu yang tidak tidak gunakan, dan kamu juga dapat memberi kode warna pada item yang paling sering kamu gunakan.

Mungkin tips untuk mempercepat kamu dalam proses editing sehingga pekerjaanmu akan lebih cepat selesai. Semoga bisa bermanfaat  buatmu yah.
Kalau kamu ingin dapatkan edukasi dan informasi menarik seputar visualgrafi, follow @lensacommunity. Sampai jumpa di artikel selanjutnya.