Galeri Portofolio

LAZONE.ID - Biar kelihatan lebih rapih dan juga menarik untuk dilirik.

Sebagai  fotografer maupun videografer, apa yang kamu lakukan dengan hasil karyamu? disimpan? dibiarkan? Atau justru jadi “senjata”-mu untuk menggaet klien baru lagi? Tentunya daripada sia – sia ada baiknya kamu publikasikan agar orang tahu karyamu. Itulah pentingnya portofolio.
Namun bagaimana caranya? Kamu tidak perlu repot sampai harus membuat website sendiri atau membuat pameran. Di era digital seperti ini, optimalkanlah jejaring sosial! Banyak platform media sosial yang bisa kamu gunakan untuk membuat galeri karyamu sendiri. Apa saja media sosial yang bisa digunakan? Simak selengkapnya di bawah..
  1. Media Sosial (Instagram - Youtube)
Media sosial yang populer di mana kamu bisa berbagi foto maupun video, bahkan kamu bisa membentuk konten edukatif yang menggiring orang untuk melihat karya – karyamu. Dengan traffic yang cukup besar, Instagram merupakan galeri portofolio yang harus kamu buat.
Video, vlog dan konten berformat video lainnya bisa kamu publikasikan di Youtube. Dalam beberapa tahun ini, youtube menjelma menggantikan televise di rumah. Sehingga ini celah yang tepat untuk mempublikasi karya – karya mu di Youtube.
  1. Pinterest
Media sosial ini memang tidak begitu populer di Instagram, tapi bukan berarti kamu tidak bisa optimalkan. Pinterest menghadirkan nuansa galeri yang pas untuk hasil foto – fotomu. Pinterest merupakan sarana yang tepat untuk memajang karya – karyamu seperti pameran digital.
  1. DevianArt
DeviantArt adalah situs komunitas online yang sangat besar, di mana isinya banyak sekali hal yang berisi tentang Karya seni. Gak cuma seni digital tapi juga seni konvensional, bahkan gak cuma foto dan video, semua karya seni bisa dipublikasikan di sini seperti cerpen, sketsa dan sebagainya. Bisa dibilang ini merupakan jaringan sosial untuk kreator terbesar. kamu harus coba!
  1. Behance
Jaringan sosial ini cocok banget untuk fotografer, desain grafis, ilustrator dan sebagainya bisa dibilang ini galeri portofolio online yang terbaik. selain memiliki audiens yang sangat besar, Behance memiliki “curated gallery” yang didedikasikan untuk bidang industri kreatif yang paling umum, seperti desain grafis, ilustrasi, dan film. Fitur ini memungkinkan kamu mengeksplorasi karya tertentu tanpa perlu kesulitan.
  1. Crevado
Crevado juga memungkinkan kamu untuk upload file dalam berbagai bentuk seperti PDF, GIF, foto, video dan format lainnya. Kamu juga dapat menggunakan situs ini untuk menjual karya yang telah kamu buat. Situs ini cocok buat kamu para fotografer, vidoegrafer, dan desainer grafis. Kamu harus coba!

Itulah beberapa jejairing sosial yang bisa kamu optimalkan menjadi galeri protofoliomu. Mulai sekarang kumpulkan semua karya yang pernah kamu kerjakan, mulai susun dan publikasi di media sosialmu, untuk menggaet calon klien baru pastinya.
Cukup sampai di sini dulu yah, kalau kamu ingin mendapatkan informasi seputar fotografi, videografi, vlog, drone, film, dan segala hal yang berkaitan dengan karya visual, follow dan pantau terus Instagram @lensacommunity. Sampai jumpa di artikel selanjutnya.