Kurang tidur tapi banyak mimpi! Ingin jadi fotografer, videografer, filmmaker atau cinematographer kalau ga bangun, mimpi cuma jadi mimpi, dan cuma bisa berandai-andai. Tapi kalau ingin menjadi videografer atau filmmaker atau sinematografer sekalipun kamu mesti banget paham hal ini. Emang dasar banget si cuma ini bisa dibilang fondasi dari hampir semua film yang kamu tonton.

Sebenarnya ini hal-hal penting dari sinematografi tapi bukan berarti cuma bisa digunakan saat bikin sinema, kamu bisa terapkan saat pengambilan video atau juga foto sekalipun. Intinya hal dasar yang penting dalam dunia sinematografi ini sangat membantu kamu dalam berkreasi bersama kamera kamu.
 

1. Ambil Camera Angle Yang Tepat

Nah, kalo ini mau digunakan dalam foto, video sampai sinema merupakan hal yang sangat penting. Sudut pengambilan gambar dapat berfungsi sebagai visual yang memanjakan mata atau untuk menjelaskan sebuah peristiwa. Kamu bisa tonton banyak film berbeda - beda, agar kamu bisa banyak belajar camera angle khususnya landscape yang menjelaskan sebuah peristiwa.
 

2. Jaga Continuity

Kontinuiti ini berperan penting lho! Karena dengan kontinuiti yang benar audiens akan gampang menyatu ke dalam cerita yang kamu bikin, ajaibnya audiens tidak akan merasa terganggu dari perpindahan shot ke shot yang lain yang tidak berkesinambungan. Dan tugas paling penting di hal ini adalah membuat audiens betah menyaksikan film dari awal sampai akhir.
 

3. Pahami Cutting

Dikenal juga dengan potongan shot, walaupun cutting adalah salah proses pascaproduksi, namun pada dasarnya saat melakukan shooting ini juga diperlukan. Tips membuat cutting yang mudah adalah dengan mengulang adegan dari awal sampai akhir, kemudian pecah shot dari wide ke close up, minta aktor atau pemain untuk melakukan gerakan keluar masuk frame agar shot dapat dengan mudah kita cut. Tentunya jika teknik ini dilakukan dengan tepat, editor akan lebih mudah melakukan proses cutting di pascaproduksi.
 

4. Variasikan Dengan Shot Close ups.

Tanpa panjang lebar, untuk menjelaskan shot-shot close up pastinya kamu sudah banyak yang tahu, karena terpakai dapat dipakai dalam  semua karya yang melalui kamera. Close up membantu jalannya naratif dengan menampilkan ekspresi pemain lebih detil, bahkan tanpa kata close up mimik wajah sudah bisa menjelaskan apa yang terjadi di adegan.
 

5. Composition.

Sama halnya dalam dunia foto, komposisi juga elemen penting untuk membuat gambar yang, penempatan pemain, latar, dan elemen lainnya juga bisa “menjelaskan” atau mengeluarkan emosi yang ingin disampaikan sang sutradara.
 

5 hal ini memang cuma dasar tapi juga bagian yang penting dalam membuat karya sinema. Pahami satu-satu praktekkan dan hasilkan. Follow dan pantau terus @lensacommunity untuk mendapatkan berita terupdate seputar fotografi, videografi, dan hal yang lainnya. Sampai jumpa di artikel berikutnya