Mengetahui cara menangkap kesalahan ini sejak dini akan membantumu mengatur diri sendiri selama pemotretan dan memperhatikan detail yang akan membuat bidikan tersebut menonjol. Terutama masalah komposisi, memang kadang penilaian bagus atau tidak bagusnya sebuah gambar itu relatif tapi gak ada salahnya kamu bisa mengkoreksi kesalahan – kesalahan kecil yang memang secara kaidah fotografi sudah ada. Lalu bagaimana bentuk kesalahan komposisi dan cara atasinya. 

1.    Ukuran subjek atau subjek ganda



Ketika kamu memotret dengan 2 subjek dengan ukuran yang sama, maka kamu akan bingung memilih mana subjek yang difokuskan. Jika tidak ada hal yang menjadi Point Of Interest maka hasil jepretan terlihat biasa. 
Atasi hal tersebut dengan memainkan ukuran subjek tersebut agar menjadi beda dengan elemen – elemen visual lainnya. 

2.    Garis singgung


 
Garis singgung adalah garis imajiner yang dibuat oleh objek dalam bingkai yang semuanya mengarah ke sesuatu. Ini membantu mengarahkan pandangan pemirsa ke tempat yang diinginkan. Banyak fotografer yang kurang tepat memainkan Leading Lines karena arah mata tidak tertuju pada subjek. Atasinya adalah kamu harus bisa menangkap arah mata ke subjek yang difokuskan. 

3.    Garis mata subjek terhadap Negative Space


 
Banyak kesalahan kita fotografer memainkan negative space tapi tidak terasa “menyatu” dengan arah mata subjek, akhirnya gambar yang dihasilkan seperti gambar yang “dipotong” asal. Cara atasi ini dengan mengarahkan arah mata ke negative space sehingga keduanya saling mengisi. 

4.    Perspektif



Jangan pernah malas mengeksplorasi perspektif dengan alasan akan butuh effort. Justru komposisi yang baik harus bisa menggunakan pespektif yang tepat untuk subjek. Akan ada hasil berbeda ketika fotografer memotret dari depan dengan dari atas. Itulah mengapa pentingnya mengambil gambar dari banyak perspektif.

Semoga artikel kali ini bisa memberikan informasi dan edukasi yang dibutuhkan olehmu untuk meningkatkan wawasan dan skill-mu yah. Jangan lupa follow @lensacommunity untuk mendapatkan update terbaru seputar informasi visualgrafi.