Kiat Foto Produk Dengan Budget Terbatas

LAZONE.ID - Biar cepet dilirik pembeli!

Banyak orang masih beranggapan untuk memiliki foto produk yang keren dan menarik dibutuhkan budget produksi yang sangat banyak. Walaupun memang ada benarnya, bukan berarti dengan budget terbatas tidak bisa dilakukan. Kamu harus ingat apapun  yang gak bisa bakalan bisa dilakukan dengan kuncinya satu, Kreatifitas!. Kamu harus berpikir secara sistematis untuk mendapatkan foto yang keren berkualitas tanpa harus mengeluarkan budget yang banyak. Bagaimana caranya? Simak selengkapnya di bawah ini!
  1. Gak Punya Kamera, Coba Pakai Smartphone
Kita gak bisa pungkiri, Smartphone sedikit demi sedikit menggeser peran kamera dalam pemotretan, dengan kecanggihan kamera smartphone saat ini, kamu bisa memperoleh foto – foto yang kualitasnya sama seperti menggunakan DSLR atau Mirrorless. Dengan ini tentu kamu bisa hemat budget untuk sewa atau beli kamera baru.
  1. Konsep dan Peralatan Yang Tepat
Tema yang tepat tentunya berkaitan dengan background dan props yang dipakai, Kamu bisa memanfaatkan props yang mudah dicari di sekitarmu sebagai pemanis dari foto produk tersebut. Dan kebanyakan karena ini foto produk terkadang butuh background netral seperti warna putih yang mengharuskan kamu membeli mini studio yang cukup mahal, padahal kamu bisa mengunakan karton putih yang kamu bentuk untuk menghemat biaya.

  1. Pastikan Pencahayaan Terjaga dan Ambil Sudut yang Bervariasi
Pencahayaan yang tepat bisa membuat foto produkmu terlihat jelas dan detail, dan pastikan jangan ambil foto dari satu sudut saja, tapi pakai sudut yang bervariasi sehingga orang bisa melihat produkmu lebih puas karena foto produkmu yang menarik.
 
  1. Jangan Edit Foto Asal - Asalan
Masuk proses editing, pastikan foto – foto produkmu diedit sesuai kebutuhan bahkan sekarang banyak aplikasi di smartphone yang bisa melakukannya. Jangan terlalu over-editing. Yang harus pasti adalah produkmu terlihat jelas dan berkonsep yang menarik.

Bagaimana? Semoga artikel ini bermanfaat buat kamu dalam menghemat biaya saat memotret produk. Masih banyak hal yang bisa kamu lakukan untuk mengehmat biaya produksi tapi kualitas gak kalah keren dengan lainnya.  Kalau kamu ingin mendapatkan informasi seputar fotografi, videografi, vlog, drone, film, dan segala hal yang berkaitan dengan karya visual, follow dan pantau terus Instagram @lensacommunity. Sampai jumpa di artikel selanjutnya.