Langkah Antisipasi Agar Bisnis Bertahan

LAZONE.ID - Biar bisnis tetap lancar berjalan

Selama pandemi ini berlangsung sudah berapa banyak industri yang dirugikan, bisnis yang bangkrut, dan lapangan kerja yang terpaksa tutup karena tidak adanya pemasukkan. Namun apakah ini akan terjadi terus? Justru ini adalah sebuah pembelajaran berharga bagaimana betapa pentingnya sebuah rencana untuk bisa mengantisipasi keadaan yang sifatnya darurat. Begitu juga pada industry fotografi maupun videografi. Setidaknya ada celah yang bisa dioptimalkan agar bisnis bisa bertahan meski berjalan pelan untuk melewati sebuah masa kritis.  Lalu apa saja langkah antisipasi agar bisnismu tetap bertahan?
  1. Cash Management
Pastinya kamu menyadari betapa pentingnya sebuah “Tabungan”. Inilah pentingnya Cash management, di mana kamu harus mampu mengatur keuangan yang didapatkan dan dikeluarkan. Penghasilan bisnismu bukan hanya untuk mengembangkan asset, menambah SDM, tetapi juga harus dipersiapkan tabungan untuk antisipasi jikalau bisnismu menghadapi krisis.
  1. Optimalisasi Aset – Aset Online
Ini harus sudah dilakukan selama kamu merintis bisnismu. Segala industry sekarang memiliki media social, halaman website, dan channel streaming dan sebagainya dengan berbagai konten yang menarik audiences untuk menggunakan jasanya atau membeli produknya. Kamu juga harus lakukan pada bisnismu punya banyak kanal yang bia dioptimalkan.
  1. Rencana Cadangan Untuk Skenario Terburuk
Buatlah business plan yang juga memuat proyeksi atau forecast atas keberlanjutan usahamu paling tidak hingga setahun ke depan. Misalnya, proyeksi dari sisi pendapatan usaha, tingkat pengeluaran, kelanjutan permodalan dan sebagainya. Sehingga kamu tidak panik ketika menghadapi hal – hal terburuk yang mengancam bisnismu.
  1. Berpikir Kreatif dan Cepat
Industri ini saat mengandalkan kreatifitas pelakunya, bagaimana mampu melahirkan gagasan baru ketika menghadapi tantangan baru. Kreatifitas tidak berbatas makanya buat kamu yang berada di industri kamu harus merasa beruntung.

Masih banyak langkah antisipasi yang bisa dilakukan agar bisnismu tetap berjalan dalam kondisi apapun. Intinya semoga kita berdoa agar semua kembali pulih agar semuanya bisa berjalan normal kembali. Pantau terus @lensacommunity dan dapatkan update terbaru seputar fotografi, videografi, dan semua hal yang berkaitan dalam industri ini. See you.