Peran Stuntman Dalam Produksi Film

LAZONE.ID - Mereka punya peran penting menyukseskan laga yang dilakukan para aktor di dalam film.

Dalam proses pembuatan film ada beberapa hal yang menjadi faktor keberhasilnya sebuah adegan yang dilakukan oleh seorang aktor. Namun tidak semua adegan mampu dilakukan olehnya , untuk itu hadirnya pemeran pengganti atau biasa disebut sebagai Stuntman. Selain untuk menggantikan pemeran utama, kehadiran pemeran pengganti atau dalam film yang menampilkan keahlian atau keterampilan tertentu juga dapat membuat jalan cerita film menjadi lebih realistis dan lebih hidup. Ingin tahu peran Stuntman apa saja, simak di bawah ini yuk :

  1. Menggantikan Pemeran Utama
Tugas Stuntman selain melakukan adegan berbahaya, terkadang pemeran utama banyak mengalami kendala seperti keterlambatan shuting, atau tidak bisa hadir. Di sinilah peran Stuntman sangat dibutuhkan saat proses pembuatan sebuah film. Sehingga rencana pembuatan film bisa sesuai dengan agenda. Meskipun begitu, kebutuhan pemeran pengganti atau  dalam film atau seni peran lainnya sangat diperlukan. Selain untuk menggantikan pemeran utama, kehadiran pemeran pengganti atau  dalam film yang menampilkan keahlian atau keterampilan tertentu juga dapat membuat jalan cerita film menjadi lebih realistis dan lebih hidup.
  1. Menjaga Pemeran Utama Tetap Aman
Peran pertama bagi seorang Stuntman adalah menjaga pemeran utama agar tetap aman. Kadang ada adegan yang tidak bisa dilakukan oleh seorang pemeran utama. Hal ini dikarenakan Stuntman yang memiliki keterampilan atau keahlian khusus yang dibutuhkan dibandingkan pemeran utama dan lebih memahami bagaimana caranya meminimalisir resiko yang mungkin terjadi sehingga keselamatan pemeran utama maupun pemeran pengganti tetap terjaga.
  1. Melakukan Adegan Khusus

Menjadi seorang Stuntman memang diperuntukan memiliki keahlian untuk melakukan adegan khusus dalam proses pembuatan sebuah film. Karena selain pengganti pemeran utama tugas Stuntman menjadi faktor untuk cerita yang disampaikan sesuai dengan drama yang diinginkan. Seperti melakukan adegan bela diri, terjun dari ketinggian dan banyak lagi.

Nah itulah beberapa peran menjadi seorang Stuntman dalam produksi pembuatan film. Kira-kira kamu berminat untuk berperan sebagai Stuntman atau kamu punya keinginan untuk menjadi seorang aktor? Semoga bisa menjadi refrensi kamu dalam berkarya dalam dunia visualgrafi ya artikel kali. Simak terus Lensa Community ya untuk dapetin info seputar visualgrafi menarik lainnya. Let’s Do It!