Rekomendasi Buku Panduan Fotografi

LAZONE.ID - Buat nambah wawasan nih

Belajar menekuni dunia fotografi adalah salah satu hal yang menyenangkan bagi para fotografer, adapun cara untuk mendapatkan ilmu tersebut bermacam-macam mulai dari berdiksusi sesama fotografer yang ada di komunitas, lewat media sosial atau sebuah blog, dan yang pasti lewat sebuah buku fotografi yang menjadi dasar bagi para fotografer profesional pada zaman dahulu. Walaupun berkembangnya wadah untuk belajar tentang teknik dan juga bagaimana mendapatkan hasil foto yang baik, sebuah buku fotografi memang tidak akan pernah pudar dari zaman ke zaman. Karena dengan sebuah buku kamu bisa mendapatkan secara detail tentang fotografi. Penasaran buku apa saja yang bisa menjadi rekomendasi kamu lebih mengenal dunia fotografi?
  1. Photography From My Eyes

Buku ciptaan dari salah satu fotografer nasional yaitu Yuyung Abdi Tegal ini menjadi rekomendasi yang cocok untuk kamu. Buku ini terbit pada tahun 2012 dan sangat cocok bagi kamu yang sedang mempelajari fotografi untuk level menengah karena buku ini membahas tentang beberapa hal yang perlu dipelajari oleh seorang fotografer. Beberapa yang dibahas dalam buku ini diantaranya yaitu masalah angle, komposisi, jarak, lensa hingga perspektif. Selain itu buku ini juga membahas mengenai genre fotografi seperti landscape fotografi, wedding fotografi, arsitektur dan lain sebagainya.
  1. Amazing DSLR dan Mirroless
Seperti namanya yaitu Amazing Dslr dan Mirrorless buku ini membahas seputar bagaimana mencari ataupun menentukan kamera yang cocok bagi kamu para fotografer. Penulis buku yaitu Erick Permana dan Oce Yogi Setiawan membahas mengenai kamera saja, pembahasan mengenai teknik dan komposisi juga menjadi nilai lebih untuk kalian yang membaca buku ini. Dengan begitu kalian akan lebih banyak mendapatkan informasi melalui buku ini serta langsung dapat mempraktekkannya.
  1.  The Passionate Photographer

Buku ciptaan dari fotografer jurnalistik Intenasional ini memang ber-bahasa inggris, namun ini bukan penghalang bagi kamu untuk mempelajarinya, justru ini menjadi kelebihan kamu ketika mampu mempelajarinya. Stave Simon adalah seorang fotografer yang sudah puluhan tahun berkecimpung di dunia fotografi. Buku ini membahas satu demi satu yang masing masing memiliki bahasan yang berbeda, mulai dari teknik fotografi dan peralatan, komposisi, portrait manusia, pencahayaan, hingga mengedit foto. Beberapa bahasan tersebut tentunya akan memudahkan kalian dalam menciptakan foto yang memiliki kualitas yang bagus.

Jadi itulah beberapa rekomendasi buku panduan fotografi yang bisa menjadi refrensi kamu untuk mengembangkan teknik dan juga tips menghasilkan sebuah foto yang baik. Bagiamana cukup penasaran bagi kamu untuk mengulik buku-buku rekomendasi di atas kan, atau kamu sudah punya dan mempelajarinya? Simak terus @lensacommunity ya untuk dapetin info-info menarik seputar visualgrafi dan yang pasti artikel menarik selanjutnya.