Semakin tahun teknologi semakin canggih, begitu juga dengan industri kamera yang terus berubah. Kebutuhan akan mencari visual semakin tinggi sehingga terkadang menuntutmu harus “upgrade” kamera. Tapi perlu diingat mengganti kamera itu jangan asal gegabah, karena kamera cukup mahal dan punya umur yang lama bila pemakaian normal. Lalu kapan waktu yang tepat kameramu harus diganti? Simak ulasan di bawah ini!
  1. Kebutuhan “karir” atau “skill” mu berkembang

Seiring dengan waktu, skill-mu dalam mengoptimalkan kamera semakin tinggi, dan semakin tinggi skill-mu maka karirmu sebagai pengguna kamera juga akan bertambah. Di saat ini lah kamu harus memutuskan apa kamera yang kamu oegang sekarang bisa memenuhi itu semua atau memang butuh mengganti kamera baru agar bisa menyeimbangkan semuanya.
  1. Bidang atau genremu berubah

Sudah tidak asing ketika kamu berpindah genre atau ingin mencoba genre baru maka perangkat kamera dan pendukungnya juga perlu penyesuaian. Misalkan kamera untuk Street Photography dengan Model Photography di studio tentunya beda dan di sinilah kamu harus tahu akan kebutuhan kameramu ketika harus menggantinya.
  1. Kameramu rusak dan tak tertolong lagi

Kalau faktor ini tentu sudah jelas. Ketika kamera sudah rusak maka harus diganti karena kamu tidak akan mendapatkan hasil yang maksimal bila kameramu saja performanya sudah tidak prima yang ada bila dipaksakan akan menyusahkanmu.

Lihat kameramu sekarang dan kebutuhanmu! Apakah sudah harus ganti atau atau bertahan dengan yang kamu pegang saat. Semoga artikel ini bermanfaatmu yah. Jangan lupa untuk follow dan pantau @lensacommunity untuk mendapatkan informasi seputar audio-visual terupdate dan inspirasi untuk berkarya.