Siapa sih yang mau kehilangan benda berharganya apalagi dengan hilangnya itu bisa menghambat dirimu beraktivitas? Sebagai pengguna kamera apalagi pekerja yang menggunakan kamera pasti punya rasa khawatir kalau gear – gear yang kamu bawa hilang entah lupa, tertinggal di suatu tempat, bahkan paling buruknya dirampas orang lain. Oleh sebab itu Lensa Community bakal kasih tips buat kamu biar benda kesayanganmu bisa terhindar dari hilang.

  • Listing dan letakkan peralatan dalam satu tas

Setiap kamu akan hunting atau bekerja dengan membawa gear pastikan kamu catat apa saja gear yang kamu bawa dan pastikan itu terbawa semua  sehingga setelah selesai kamu bisa cek peralatan yang kamu bawa dengan catatatn yang sudah kamu buat.

  • Kelompokkan peralatan sesuai ukuran

Dalam satu tas kamera kamu harus kelompokkan peralatan sesuai dengan ukuran dan fungsi. Misalkan kamu masukkan semua kartu memory mu dalam satu tas kecil lagi agar lebih mudah, atau perintilan – perintilan yang kecil tapi vital fungsinya seperti sekrup tripod dan benda – benda kecil lainnya itu harus kamu kelompokkan agar gak mudah hilang.

  • Pastikan tas kameramu berada dekat denganmu

Kalau kamu tidak memiliki asisten yang menjaga peralatanmu maka hal yang harus kamu lakukan adalah bawa selalu tas peralatanmu kemana pun jangan letakkan di sembarang tempat karena bisa saja hilang akibat lupa bukan karena dicuri.

  • Pasang perangkat pelacak

Perangkat pelacak banyak lho dijual di marketplace kamu hanya tinggal mencari yang berukuran kecil dan bisa diletakkan tersembunyi dalam tas tersebut, dan pastikan itu terhubung dengan smartphone-mu

  • Buat identitas dan kontak

Terdengar sepele tapi dengan kamu menaruh letakkan identitasmu seperti nama, alamat, dan kontak yang bisa dihubungi mungkin saja ketika peralatanmu hilang ternyata ditemukan oleh orang yang baik yang ingin membantumu memberi informasi dan mengembalikannya

Semoga artikel kali ini bisa memberikan informasi dan edukasi yang dibutuhkan olehmu untuk meningkatkan wawasan dan skill-mu yah. Jangan lupa follow @lensacommunity untuk mendapatkan update terbaru seputar informasi visualgrafi.