Tips Menggunakan Mode Metering

LAZONE.ID - Kenali cara penggunaannya!

Pastinya kamu sudah tahu, Metering berfungsi untuk mengukur intensitas cahaya sehingga kamera bisa menentukan pengaturan yang tepat untuk menghasilkan sebuah foto dengan eksposur yang normal.Area intensitas cahaya yang diukur tergantung dari mode metering yang kita pilih. Kamera akan mengkalkulasi area terang dan gelap secara merata untuk kemudian menentukan berapa kebutuhan eksposur yang tepat.
Mode metering ada 4 macam yang tiap jenisnya dibuat untuk mengukur cahaya dengan cara berbeda. Maka kita dapat menentukan mode metering yang tepat untuk kebutuhan memotret. Biar kamu mudah memahami berikut tips menggunakan mode metering berdasarkan macam – macam mode metering yang ada.
  1. Evaluatif Metering
Ini adalah mode umum yang paling banyak digunakan sangat cocok untuk mengambil gambar pemandangan yang membutuhkan pencahayaan merata.
Kamera mengukur keseluruhan frame dan mengkalkulasikan area gelap dan terang secara merata. Berdasarkan perhitungan matematis, kamera menganggap demikianlah eksposur yang benar jika yang diukur adalah intensitas cahaya pada keseluruhan frame.
  1. Partial Metering
Biasansya mode ini jika kamu ingin memotret benda/manusia secara close-up atau memotret macro. Kamera hanya menitikberatkan pengukuran kecerahan pada area tengah dari frame dengan mengabaikan bagian lainnya.
  1. Center Weight Metering
Misalkan kamu hanya perduli dengan eksposur di bagian tengah frame saja saat mengambil gambar maka mode ini bisa jadi pilihan sebabkamera hanya menitikberatkan area pada bagian tengah frame saja namun tetap tidak mengabaikan bagian tepinya.
  1. Spot Metering
Jika terdapat perbedaan kecerahan yang mencolok antara objek dengan background, misalnya saat memotret dalam kondisi backlight (cahaya di belakang objek) dan kamu ingin objek tetap normal, meski yang lainnya over/under exposure maka Spot metering adalah mode yang tepat sebab mode ini memprioritaskan bagian sempit di area fokus serta mengabaikan area lainnya sehingga akan bermanfaat saat mengambil foto dengan tingkat perbedaan kecerahan yang sangat mencolok dan kamuingin area fokus tetap memiliki eksposur yang normal.

Itulah beberapa tips menggunakan mode metering yang sesuai dengan kondisi saat kamu memotret, semoga bermanfaat buat kamu semua. Kalau kamu ingin lebih update tentang fotografi, videografi, dan semua hal berkaitan dengan kamera. Follow @lensacommunity di Instagram. Sampai jumlah di artikel selanjutnya.