Tips Menghindari Blow-Out Akibat Flash

LAZONE.ID - Supaya hasil foto lebih rapi dan enak dipandang

Saat sedang memotret kadang kala cahaya suka kurang terang untuk mamantulkan ke subjeknya. Apakah foto-foto yang kalian hasilkan Blow-out dan kalian merasa flash terasa terlalu kuat sehingga subjeknya menjadi over? Apa yang harus dilakukan untuk menghindari Blow-Out foto? Kamu pasti langsung mengeluarkan senjata andalan yaitu Flash. Tapi kalau kamu salah pakai malah buat foto jadi jelek, Nah ini ada caranya buat menghindari Blow-Out akibat flash, simak langsung di bawah ini ya!
  1. Jadikan Flash Kamera Cahaya Sekunder
Pastikan flash yang terdapat di kamera kamu sebagai kamera tambahan, karena saat kamu memotret di suatu tempat sudah terdapat cahaya seperti lampu, atau pantulan matahari yang di sebut  Ambient light. Gunakan flash sebagai sumber cahaya pendukung dan jangan pernah gunakan sebagai sumber cahaya utama, karena ketika kamu menggunakan flash sebagai sumber cahaya utama maka akan terlihat cahaya yang ada di dalam foto seperti cahaya buatan. Jadi usahakan sebisa mungkin untuk tetap mempertahankan ambient light atau cahaya sekitar.
  1. Atur Jarak Memotret
Blow-Out kadang terjadi karena kamu terlalu dekat dengan objek/subjeknya, sehingga flash yang keluar menjadi terlalu kuat. Cara yang paling sederhana untuk mengurangi dampak dari cahaya yang berasal dari flash adalah kamu cukup memperbesar jarak antara kalian dan subyek foto. Misalkan mundur satu hingga dua langkah pada saat pengambilan gambar. Sehingga flash tidak terlalu menyorot langsung ke bagian yang kamu inginkan. Tetapi untuk mendekatkan objek/subjeknya kamu boleh menggunakan zoom pada fitur kamera yang kamu punya. Jadi masih aman untuk mencangkup keseluruhan objek/subjeknya.
  1. Gunakan Diffuser
Diffuser sendiri memiliki fungsi untuk membatasi jumlah cahaya yang keluar. Biasanya cara ini digunakan ketika kamu menggunakan flash external, jadi kamu bisa mengatur seberapa besar nilai dari sebuah flashnya. Namun apabila kamu hanya menggunakan flash pada sebuah kamera saja, ada cara lain yaitu beri penghalang seperti kertas buram pada permukaan flash. Jadi teknik diffuser dengan cara sederhana pun bisa kamu lakukan baik menggunakan flash external ataupun internal.

Nah jadi itulah beberapa tips untuk menghindari Blow-Out akibat sebuah flash. Semoga bisa menjadi solusi kamu dalam kegiatan memotret yah! Simak terus lensa community untuk dapetin info-info menarik seputar dunia visualgrafi lainnya. Dan yang pasti dengan artikel menarik berikutnya. See You!