Fotografi memang identik dengan kamera SLR atau D-SLR, namun makin berkembangnya zaman, smartphone keluaran terbaru sudah dilengkapi dengan kamera yang mumpuni, bisa dikatakan hasilnya tidak kalah bagus dengan kamera SLR atau D-SLR. Karena fotografi itu bukan tergantung alatnya tapi siapa orang dibalik lensanya.

Bahkan hanya dengan memanfaatkan kertas karton dan kamera smartphone kamu, kamu bisa mendapatkan hasil yang artistik, yang penting ingat, jangan pernah berhenti mencoba hal baru dan jangan terpaku pada aturan, terkadang break the rules dapat menghasilkan karya yang menakjubkan.

Nah! Berikut ada 5 trick sederhana yang bisa kamu manfaatkan pada kamera smartphone kamu untuk mendapatkan hasil yang estetik.
  1. Foto Aerial (Foto udara)

Photography Aerial mungkin masih terdengar asing bagi sebagian orang, pada intinya adalah pengambilan foto ini dilakukan dari udara dengan memanfaatkan drone, pesawat, helicam, dan sebagainya. Fungsi dari foto Aerial sebenarnya dipakai untuk pemetaan daerah. Tapi tak jarang juga teknik foto ini dipakai untuk tujuan fotografi artistik.

Tricknya jika kamu ingin mengambil shot seperti Photography Aerial, kamu dapat memanfaatkan balon untuk foto. Balon helium dan benang sebagai untuk mengatur ketinggian saat mengambil atau mebuat foto maupun video.
  1. Manfaatkan Karton

Trick ini bisa sangat mudah kamu lakukan di rumah, ambil karton dari kardus bekas, lubangi dengan jarum. Dengan menjadikan lubang karton sebagai lensa kamu bisa menghasilkan foto dengan efek yang unik, dengan sendirinya hasil foto akan membentuk sebuah vignette.

Tidak hanya karton, mungkin kamu bisa bereksperimen dengan benda lain untuk menghasilkan efek yang lebih menakjubkan. Ingat! Jangan pernah takut mencoba.
  1. Frame 3D

Mungkin yang satu ini sudah sering kamu lihat di social media, tapi tidak ada salahnya jika kamu bisa mengemasnya menjadi versi kamu untuk mendapatkan hasil yang kamu inginkan.

Tricknya, dengan menggunakan kertas berpotongan polaroid yang membentuk seperti bingkai, taro objek di tengah kertas potongan dengan jarak yang tidak begituh dekat ataupun begitu jauh. Dan sisanya kita serahkan ke kamu, silahkan berkreasi sesukamu, karena kreativitas tak kenal batas!
  1. Tiny Planet

Trick yang ini terlihat lebih mudah daripada trick sebelumnya, hanya menggunakan fitur panorama pada smartphone mu. Tapi kamu butuh mendownload aplikasi untuk membuat foto tiny planet, atau jika kamu seorang yang perfeksionis dan suka berkreasi kamu dapat menggunakan photoshop.
  1. Kreatif Selfie

Mirror selfie sudah terlalu mainstream, mengandalkan golden hour untuk mengambil selfie agar wajah terlihat cerah pun sudah bukan sesuatu yang spesial lagi. Bagaimana jika kamu berkreasi tapi ingin yang effortless, kamu cuma butuh menyiapkan ponsel dan cari gambar wajah patung atau apapun yang kamu suka, dan letakan persis di wajahmu, tapi jangan sampai menutupi semua wajahmu agar kesan estetiknya keluar.

Selamat mencoba! Kalau kamu punya tips jangan lupa share yah di instagram @lensacommunity , Follow dan pantau terus @lensacommunity untuk mendapatkan berita terupdate seputar fotografi, videografi, dan hal yang lainnya. Sampai jumpa di artikel berikutnya.