Street Photography mungkin tampak mudah dan sederhana, tetapi justru sebaliknya. Ini bukan hanya tentang mengambil foto di tempat umum tetapi mendokumentasikan dan menangkap kenyataan kehidupan sehari-hari. Supaya lebih menarik, kamu perlu memperoleh keterampilan dan pengetahuan. Tidak hanya sekedar untuk mengambil beberapa foto luar biasa yang menceritakan kisah, tetapi juga dapat mengajarimu banyak hal tentang masyarakat dan orang.

1. Siap Siaga Momen



Cara yang bagus untuk memulai Street Photography adalah dengan mengalihkan kamera Anda ke Aperture Priority Mode (jika kamu tidak terlalu paham dengan mode manual).hal ini bertujuan agar kamu gak kehilangan momentum yang penting. Karena semua interaksi pada

Street fotografi berjalan alami. Ada baiknya kamu menyetel ISO antara 100 dan 400 dan aperture-mu sekitar f / 3.5, aturan ini cocok untuk hari yang cerah. Atau kamu bisa menyetel aperture ke f / 8 bisa bekerja dengan sangat baik karena lebih banyak pemandangan akan menjadi fokus.

2. Pahami Lebih Dalam Lokasi



Dengan kamu mempelajari dan memahami lokasi kamu bisa lebih banyak mengeksplorasi gambar dari berbagai cara dan teknik memotret lainnya. bukan hanya soal tempat secara literal tapi satu kesatuan interaksi ataupun elemen visual dalam tempat/lokasi tersebut itulah yang menjadi nyawa dari Street Photography.

3. Periksa hukum dan regulasi



Mengambil foto orang di depan umum adalah legal. Tetapi kamu harus memahami hak hukum di area tersebut karena jika ada yang tidak ingin kamu mengambil fotonya, itu bisa disebut sebagai pelecehan. Jadi, kamu harus melatih akal sehat Anda dan melakukan penelitian yang diperlukan dan utamakan mengambil izin bila itu memungkinkan.

4. Jaga Etika, Perbanyak Interaksi



Ingatlah bahwa perilaku ramah dan etika yang baik akan sangat bermanfaat dalam Street Photography membuat kamu pun merasa lebih mendalam akan informasi dan interaksi orang – orang. Sehingga kamu akan lebih mudah mengambil gambar khususnya seseorang yang gak bisa sembarangan kamu asal potret karena bersinggungan dengan privasi.

5. Irit Barang



Street Photography lebih mengutamakan mobilitas jadi bawalah peralatan yang sekiranya diperlukan saja, tidak perlu hingga membawa lensa tele, cukup kamera, lensa fix, dan baterai yang cukup. Yang penting adalah harus banyak bergerak dan memotret.

Semoga artikel kali ini bisa memberikan informasi dan edukasi yang dibutuhkan olehmu untuk meningkatkan wawasan dan skill-mu yah. Jangan lupa follow @lensacommunity untuk mendapatkan update terbaru seputar informasi visualgrafi.