8 Trik Keren Belajar Fotografi Meskipun Dirumah Aja !

LAZONE.ID - Semuanya bisa dilakukan dengan benda-benda yang ada di sekitar rumah!

Apa sih definisi fotografi menurut lo semua, Bro?

Banyak orang yang mendefinisikan fotografi sebagai salah satu bentuk seni modern. Seni tersebut dilakukan dengan cara menangkap cahaya atau melukis cahaya menggunakan perangkat yang lo kenal dengan kamera. Sebenarnya, fotografi gak lebih dari sebuah medium penyampaian pesan. Pesan tersebut ditangkap dengan sebuah teknik supaya bisa disampaikan dengan baik dalam sebuah gambar. Ketika hasilnya bagus, saat itulah pesan tersebut dianggap sebuah seni.

Biasanya untuk mendapatkan hasil foto yang otentik dan aesthetic, sebagian orang bakal mencari suatu tempat yang tepat untuk mendapatkan hasil yang mereka inginkan. Seperti nyari tempat yang pas buat hunting foto. Kadang lokasi tertentu emang bisa nawarin lo kondisi yang mendukung buat foto-foto yang lo inginkan. Sayangnya, dalam kondisi pandemi corona kayak gini, semua orang harus berdiam diri di rumah aja dan gak bisa hunting foto ke lokasi-lokasi tertentu.

Sebagai salah satu bentuk dari media untuk penyampaian seni, setiap orang bisa berkreasi sesuai kreatifitas masing-masing. Lo juga bisa memanfaatkan apapun yang ada di sekitar rumah lo buat berkreasi dalam fotografi. Nih Bro trik fotografi unik yang bisa lo coba sendiri walau #DiRumahAja.

Belajar Fotografi Membuat Foto Bokeh Dengan Bentuk Unik


sumber

Bokeh adalah efek blur yang mengikuti bentuk dari aperture lensa. Kalau lo ganti bentuknya, lo bisa bikin bokeh yang unik. Emang banyak yang jual filter bokeh unik secara online, tapi lo juga bisa bikin sendiri Bro di rumah.

Trik kamera satu ini emang cukup mudah ditiru, lo cuma butuh selembar kertas, gunting, dan sesuatu buat menempelkan kertas itu ke lensa kamera lo. Tapi hati-hati dalam menempelkannya supaya lensa kamera lo tetap kinclong dan gak rusak.

Gunting bentuk bokeh yang lo inginkan dan tempelkan kertas tersebut di depan lensa kamera. Ada baiknya ukuran kertas yang dipotong melebihi lebar lensa supaya mempermudah lo menempelkan kertas tersebut ke bagian sisi lensa yang ada.

Tapi ada satu hal yang harus lo perhatikan Bro. Dengan menempelkan kertas ke lensa, lo juga membatasi cahaya yang bisa ditangkap lensa tersebut. Kalau lo ada di ruangan dengan pencahayaan yang kurang, lo bisa sesuaikan shutter speed dan exposure pada kamera.

Belajar Fotografi Membuat Efek Film Burn


Mendapatkan gambar yang sempurna adalah dambaan semua fotografer, kan? Kecanggihan teknologi kamera digital semakin berkembang untuk membantu penggunanya mendapatkan hasil gambar yang maksimal. Namun saat kamera analog masih jadi alat utama dalam fotografi, banyak banget resiko kegagalan yang dihadapi para fotografer. Salah satunya adalah film kamera terbakar atau yang dikenal juga dengan istilah film burn. Hal tersebut menyebabkan foto yang dihasilkan punya noda di bagian yang dianggap terbakar karena proses pengolahan roll film yang kurang baik.

Tapi, kini film burn dianggap sebagai salah satu nilai estetika tersendiri pada sebuah foto. Ada cara yang lumayan mudah namun sedikit beresiko untuk mendapatkan efek ini tanpa kamera analog. 


sumber

Lo bisa menyalakan korek api dan menempatkan korek api yang menyala tersebut sedikit ke area pinggir dari frame. Jaga jarak antara kamera dengan korek api supaya gak ada barang yang rusak dalam proses pengambilan gambar. Lo juga harus cepat karena sebuah korek api gak bakal terbakar dalam waktu yang lama. Ditambah, lo harus sangat hati-hati dalam melakukannya supaya bukan cuma kamera, tapi semua yang ada di sekitar lo aman ketika lo melakukan trik yang satu ini. Lakukanlah trik satu ini agak jauh dari benda-benda yang mudah terbakar.

Belajar Fotografi Menggunakan Benda Bersifat Reflektif Untuk Membagi Frame


sumber
Pernahkah lo melihat sebuah foto dimana objek tersebut punya sebuah refleksi di satu frame yang sama? Kalau di luar ruangan, banyak yang biasanya memanfaatkan kubangan air di atas aspal sebagai benda reflektif untuk membagi frame tersebut. Tapi, dengan keadaan di dalam rumah, lo bisa memanfaatkan benda reflektif lain seperti layar ponsel untuk menciptakan efek gambar seperti ini.

Layar hp atau tablet, permukaan reflektif yang gelap bakal bekerja dengan baik untuk membuat efek ini. Caranya gampang banget, lo tinggal menempelkan permukaan tersebut di bawah lensa, atau sedikit di atas batas bagian bawah lensa lo dan mengarahkannya ke objek yang akan lo ambil gambarnya.

Pilihlah angle yang tepat untuk memantulkan bagian yang lo inginkan untuk menghasilkan gambar yang mirip dengan di bawah ini.


sumber
Ini bisa lo gunakan untuk menciptakan kesan estetis dalam mengambil gambar benda-benda di sekitar rumah lo sebagai objek foto, Bro.


sumber

Belajar Mengambil Foto di Air Menggunakan Akuarium


sumber
Membawa kamera lo ke dekat permukaan air adalah ide yang buruk karena cipratan air bisa aja merusak komponen elektronik yang ada di dalam kamera. Biasanya, ada alat khusus yang membuat lo bisa membawa kamera DSLR atau mirrorless lo menyelam dan mengambil foto di bawah air, atau di batas garis air seperti gambar di atas.

Beberapa orang bakal memanfaatkan GoPro dan action cam sejenis untuk melakukannya dengan dome khusus.

Tapi, gimana buat lo yang gak punya peralatan tersebut?

Kalau lo punya kolam ikan dan ada sebuah akuarium kecil yang gak terpakai, trik ini bakal berhasil. Caranya lumayan gampang, lo tinggal menggunakan akuarium kecil tersebut dan membuatnya setengah tenggelam tanpa kemasukan air sedikitpun. Nah, lo bisa memanfaatkan ruang tanpa air yang diciptakan oleh akuarium yang setengah tenggelam tersebut. Hasilnya lo bisa mengambil gambar di garis batas air seperti gambar di atas. Lo bisa mendapatkan gambar ikan peliharaan lo dengan tetap mengambil suasana permukaan air di dalam satu frame yang sama.

Atau buat lo yang takut kameranya nyebur, lo bisa memanfaatkan toples kaca yang besar dan menggunakan kamera ponsel dengan prinsip yang sama. Mungkin pada akhirnya lo bakal membuat foto dalam keadaan terbaik dengan kamera ponsel yang lo pegang. Lo tinggal putar gambar tersebut 180 derajat setelah tersimpan di galeri untuk mendapatkan hasil akhir yang sesuai.

Belajar Fotografi Membuat Efek Dreamy Menggunakan Kantong Plastik Bening


sumber
Dreamy effect adalah efek gambar yang tercipta dengan satu fokus yang jelas di tengah tapi memiliki kesan sedang diselimuti semacam kabut. Caranya gampang banget dan trik ini datang dari seorang fotografer profesional, Jesse David McGrady.

Yang lo butuhkan adalah sebuah kantong plastik yang dilubangi. Pastikan sisa plastik yang gak dilubangi itu menutupi sebagian sudut dari frame gambar yang bakal lo ambil. 


sumber
Lo juga bisa berkreasi lebih dengan trik kamera yang satu ini. Caranya lo bisa mewarnai plastik yang lo gunakan dengan spidol permanen. Pilihlah warna sesuai keinginan lo. Hasilnya lo bakal mendapatkan efek “kabut” yang punya shade warna seperti warna spidol yang lo pilih, Bro.

Belajar Kreatif : Gak Punya Softbox? Pakai Kantong Plastik Aja!


sumber
Flash kamera emang berguna buat menambah pencahayaan yang dibutuhkan ketika melakukan pemotretan di dalam ruangan. Tapi kadang cahaya yang ditembakkan gak merata dan malah merusak hasil foto yang lo inginkan. Makanya fotografer profesional yang mempunyai studio bakal menggunakan softbox untuk mendapatkan cahaya yang merata dan terlihat lebih hasil di permukaan objek gambar.

Trik yang satu ini juga mudah banget buat ditiru. Lo tinggal membungkus flash eksternal atau built in flash yang ada pada kamera untuk mengendalikan penyebaran cahaya yang ditembakkan oleh flash tersebut. Hasilnya lo bakal mendapatkan cahaya yang lebih merata pada objek foto dan foto tersebut bakal terlihat seperti hasil dari studio foto profesional. Ingat ya Bro, plastik yang digunakan harus berwarna putih.

Belajar Fotografi Mengubah Bentuk Cahaya Menggunakan Benda-benda Berlubang


sumber
Banyak foto yang terlihat artistik karena cahaya yang menerpa objek tertentu punya bentuk-bentuk yang unik. Efek lighting unik ini bisa lo dapatkan dengan menggunakan benda apapun yang punya beberapa lubang di bagian bawahnya.

Contohnya gambar di atas, lo bisa menirunya dengan cara mengambil foto dekat jendela untuk mendapatkan sinar matahari sebagai sumber cahaya alami. Lalu posisikan benda tersebut seakan menghalangi sebagian cahaya yang masuk. Nah lubang-lubang yang ada di benda tersebut bakal menciptakan efek lighting yang unik terhadap objek foto yang lo ambil.

Belajar Fotografi Mendapatkan Efek Berkilau Untuk Background


Buat mendapatkan efek yang satu ini, lo bisa mencoba dua cara berbeda dengan hasil yang serupa.

Pertama, lo bisa menggunakan aluminium foil atau tin foil sebagai background foto. Lo juga membutuhkan lampu sorot untuk menimbulkan efek berkilau pada foil yang lo gunakan untuk jadi background tersebut. Gunakanlah aperture lebar dan ambil gambar dari jarak dekat untuk mendapatkan hasil blur yang maksimal pada bagian background. Foil yang lo gunakan tadi gak bakal terlihat jelas dan yang tersisa adalah pantulan kilauan cahaya dari lampu sorot yang mengarah pada foil tersebut.


sumber
Cara kedua lebih mudah lagi nih Bro. Lo tinggal buka laptop dan cari gambar ‘shiny background’ untuk lo jadikan latar belakang. Seperti langkah pada cara yang pertama, lo tinggal ambil benda yang lo inginkan seperti miniatur atau benda kecil lainnya lalu ambil gambar dengan aperture lebar untuk mendapatkan bokeh yang maksimal.  Hasilnya gak bakal jauh berbeda dengan cara pertama tadi.

Fotografi ini sebenarnya gampang-gampang susah. Untuk menghasilkan gambar yang maksimal dan beda, lo butuh kreativitas lebih dalam mengeksekusinya. Untungnya, trik fotografi unik di atas bisa lo lakukan meskipun gak bisa ke mana-mana dan diam #DiRumahAja.

Buat lo yang mau tetep update sama dunia audio visual seperti videografi dan fotografi, pantengin terus media sosialnya @lensacommunity serta jangan ketinggalan juga update-update menarik lainnya di media sosial @lazone.id.

So let’s do it Bro, tingkatkan kreativitas lo biar social distancing yang lo lakukan lebih bermanfaat.