Pada 1950-an dan 1960-an, banyak perusahaan pemula dari Italia, Inggris, Spanyol, Jerman, dan Jepang bikin gelombang penawaran motor baru. Mereka membanjiri pasar dengan pilihan yang tak terhitung banyaknya.banner-ads

Pada era 70-an, pabrikan yang lebih kecil secara bertahap menghilang dari radar. Di Jepang, Big Four legendaris Kawasaki, Honda, Yamaha, dan Suzuki muncul dengan sejumlah motor berpengaruh.

Ini deretan motor berpengaruh itu:

Baca Juga: Nadia Gresini, Manajer Wanita Pertama MotoGP



1. Yamaha YZ250



Yamaha tidak mendesain YZ250 untuk perjalanan reguler, tetapi itu adalah motor yang sempurna untuk memperpanjang sejarah motorcross yang kaya dari pabrikan itu.

Yamaha mengarahkan motornya langsung ke pengendara ahli, calon pembeli disaring untuk memberikan bukti pengalaman balap.
 
2. Honda CB750



Honda membalikkan dunia motor dan menetapkan standar kecanggihan dengan CB750 yang ikonik pada tahun 1969. Diakui sebagai superbike pertama, CB750 adalah motor produksi massal pertama yang menampilkan inline-four, start elektrik, dan rem cakram.

Dari sejarah balap pabrikan, para insinyur Honda menggunakan pengalaman tersebut untuk membuat motor yang bisa mengalahkan pabrikan lain.

3. Kawasaki Z1



Kawasaki telah memberikan beberapa permata selama bertahun-tahun, tetapi Z1 adalah motor yang tak terhapuskan.

Dikenal luas sebagai motor gede pertama di Jepang berkat mesin 903cc, Z1 klasik juga membuat terobosan baru sebagai UJM pertama empat silinder berpendingin udara yang dipasang melintang.

4. Suzuki GSX1300R Hayabusa



Hayabusa adalah segalanya yang Suzuki inginkan, itu adalah motor paling buas yang diproduksi secara massal. Pada debutnya, bodywork aerodinamis yang menakjubkan membuat semua orang memujinya.

Mesin empat tak 1298cc berpendingin cairan 175hp yang sangat besar, membuatnya mendapat tempat dalam cerita rakyat pecinta motor.