6 Langkah Hilangkan Baret Kaca Mobil Loe

LAZONE.ID - Sebel kan loe lihat kaca mobil depan ada goresan bekas wiper. Goresan pada kaca ini ditimbulkan karena wiper yang loe pakai kotor dan tanpa memberikan pelumas dari air wiper.

Goresan pada kaca depan seringkali bikin risih ketika sedang menyetir. Padahal goresan itu timbul mungkin karena kecerobohan loe menggunakan wiper. Jarang bersihin wiper, atau pakai wiper tanpa nyalain air wiper. Sehingga kotoran yang nempel di wiper ikut menyapu bagian kaca. Kalau nggak segera dihilangkan menimbulkan baret. Sayang kan. Nah untuk menghilangkan luka gores kaca segera lakukan poles kaca, supaya baret cepat hilang dan nggak mengganggu pandangan ke depan.

Untuk melakukan poles, siapkan cerium oxide, bubuk poles kaca bisa didapat di toko-toko perlengkapan pemeliharaan mobil. Siapkan ampelas halus dan polish pad berbahan 'Felt', dan bor, yangmembantu mempermudah pemolesan.

Agar polish pad dapat terpasang pada alat bor, belilah backing pad berukuran 3 atau 4 inchi dan siapkan perlengkapan lainnya,  semprotan air, lap chamois, selotip dan koran atau kertas. Mari kita bersih-bersih.

  1. Bersihkan permukaan kaca dengan air, kemudian lap kering. Cek bagian yang baret menggunakan kuku jari loe. Kemudian gunakan amplas bagian yang baret dengan lembut memotong arah baret agar tak merusak kaca.
  2. Setelah halus, bersihkan kembali kaca yang diampelas menggunakan air dan lap. Kemudian selotip bagian pinggir kaca untuk melindungi bodi mobil. Jika perlu lindungi dengan koran atau kertas pelindung lainnya. Noda cairan poles yang mengenai bodi akan sulit dibersihkan dan merusak cat mobil.
  3. Cairkan bubuk poles kaca cerium oxide menggunakan air bersih. Gunakan air secukupnya hingga mendapatkan konsistensi menengah. Jika terlalu cair, sifat abrasif pada bubuk tersebut menjadi rendah sehingga proses pemolesan bisa menjadi lama.
  4. Pasang backing pad yang sudah terpasang polish pad pada bor. Jika tak ada bor, bisa menggunakan tangan. Kemudian olesi kaca dan pad dengan cairan cerium oxide, kemudian mulai poles dengan gerakan melingkar.
  5. Jangan memoles pada satu bagian terlalu lama, lakukan dengan pergerakan perlahan ke seluruh bagian kaca. Pada bagian yang baret, berikan penekanan untuk menghilangkan buram bekas ampelas. Saat memoles semprotkan air agar kaca tidak menjadi bergelombang bahkan retak karena panas dari gesekan.
  6. Setelah selesai memoles, lap kaca menggunakan lap chamois agar tampil bersih dan berkilau.