Aktifkan Cruise Control, Kaki Harus Tetap Stand By di Rem

LAZONE.ID - Bantu istirahatkan kaki injak pedal gas saat jalanan lurus dan punya batas kecepatan maksimal dan minimal.

Bantu istirahatkan kaki injak pedal gas saat jalanan lurus dan punya batas kecepatan maksimal dan minimal.

Cruise control adalah fitur di mobil yang mampu secara otomatis mengelola kecepatan mobil. Jika sistem ini diaktifkan, mobildapat berjalan dengan kecepatan konstan. Cruise control mendapat hak menguasai throttle untuk mengendalikan laju mobil. Jika sensor menangkap kecepatan mobil berkurang maka otomatis akan menarik kabel gas untuk mengembalikan ke kecepatan awal. Tetapi apabila mobil sudah dilengkapi drive by wire, maka throttle secara elektronik akan terbuka.

Sedangkan apabila kondisi jalan menurun otomatis laju mobil bertambah, maka cruise control akan menghentikan input bahan bakarnya.Teknologi ini menguntungkan jika digunakan pada rute intasan lurus dan panjang serta jalan lengang. Tetapi tidak bisa digunakan di jalanan padat, atau perkotaan.

Untuk menonaktifkan fitur ini bisa dengan menginjak pedal rem, atau dengan menekan tombol khusus yang ada.

Cruise control sendiri kali pertama digunakan pada Chrysler Imperial pada 1958. Jarak aman menggunakannya adalah 150 meter, atau sekitar 2 detik untuk menuju titik yang sama dengan mobil di depan loe, dengan kecepatan yang sama. Jika kecepatan mobil loe dengan mobil lain nggak sama, bisa menyebabkan tabrakan. Bisa loe yang menabrak mobil depan atau mobil loe yang ditabrak mobil belakang loe. Makanya gunakan cruise control pada jalan yang punya batas kecepatan maksimal dan minimal.