All New Mitsubishi Triton, What's New?

LAZONE.ID - Dibekali Variabel Geometry Turbo, mesin sama tapi tendangan tenaga yang dihasilkan lebih dahsyat.

PT Kramayudha Tiga Berlian Motors (KTB)  baru saja memperkenalkan produk barunya, All New Mitsubishi Triton. Tak hanya tampangyang makin terlihat berotot dan gagah, KTB juga menawarkan tenaga dan torsi yang lebih buat double cabin terbarunya ini, walaupun dengan bekal mesin yang nggak beda dari generasi sebelumnya.

Tampilan bodi paling mencolok di bagian depan, terutama di varian tertinggi. Varian paling mahal ini, dilengkapi grill crome, front under cover, fog lamp dan aksesori lain.

Ada 3 varian yang ditawarkan. Paling tinggi dan komplet dengan aksesori pabrikan adalah tipe Exceed, transmisi matik dan manual, M/T. Lalu varian menengah, GLS. Terbawah atau standar, juga tersedia dua model, double cabin dan single cabin.

Ketiganya masih mengandalkan mesin dengan kode 4D56 2.5 L, enggak beda sama generasi sebelumnya. ”Mesin tetap dipertahankan, karena mesin ini mumpuni dan cocok dengan iklim Indonesia. Konsumen juga sudah familiar. Sehingga pengembangan hanya dilakukan untuk mendongkrak tenaga yang dihasilkan,”  jelas Imam C. Cahya, Head of Sales Group Mitsubishi Motor Corporation.

Tapi walaupun mesin sama, tenaga dan torsi yang dihasilkan berbeda bro. Varian Exeed baik A/T maupun  M/T, tenaga yang terdongkrak sebesar 178PS pada 4.000rpm dengan torsi sebesar 40.8kg.m pada 2.000rpm. Pada generasi sebelumnya di varian yang sama torsi hanya 35.7kg.m pada 1.800rpm-3.500rpm.

Sedangkan untuk varian menengah, tenaga yang disemburkan sedikit turun dibanding varian paling tinggi, yaitu sebesar 136PS pada 4000 Rpm dan torsi 33.1 Kg.m pada 2000 Rpm. Di kelas paling bawah, tenaga hanya sekitar 110 ps pada 4000 Rpm dengan torsi 20.4 kg.m pada 1500-3500 Rpm.

Ini karena adanya Variable Geometry Turbo (VGT) dan intercooler. Komponen ini menjaga suhu udara yang masuk melalui turbo ke ruang bakar lebih stabil. Dengan suhu udara yang stabil, maka  pembakaran menjadi sempurna, tenaga dan torsi pun terdongkrak. Hanya pada varian paling tinggi, Exceed yang mengadopsi teknologi ini. Sedangkan pada dua varian lain hanya mengusung turbocharger untuk mendongkrak tenaga dan torsi.

All New Triton ditawarkan mulai Rp 289 juta sampai Rp 403 juta.