Autonomous Driving System, Look, Mum, No Hands!

LAZONE.ID - Naik mobil tanpa pengemudi, kini sudah mendekati masanya. Siap-siap saja, teknologi Autonomous sudah sukses dibuat di beberapa merek mobil.

Naik mobil tanpa pengemudi, kini sudah mendekati masanya. Siap-siap saja, teknologi Autonomous sudah sukses dibuat di beberapa merek mobil.

Nyetir tanpa pegang kemudi rasanya aneh nggak, sih? Yang jelas, 'hak' loe atas mobil jadi berkurang karena dikendalikan oleh sistem manajemen tersendiri. Tapi asyiknya, ini salah satu bentuk teknologi paling mutakhir. Hands-free autonomous driving system alias teknologi nyetir tanpa pegang setir atau driveless car. Teknologi ini sejak tahun lalu diperkenalkan kini makin banyak yang memproduksinya.

Kini saat mobil prototipe robot berhasil lari dengan kecepatan sekitar 20 kilometer per jam di area tertutup tanpa ada bantuan manusia sama sekali. Teknologinya melibatkan GPS, radar, lidar dan vision komputer. Sementara awal lahirnya ide ini sudah tercetus sejak 1920-an. Di film futuristik, banyak banget contohnya!

Mobil autonomous atau bebas nyetir ini lari berdasar peta yang di-update terus pada bagian sensory input. Dengan kecanggihan itu, mobil juga aman dari tabrakan yang terjadi karena human error. Dia juga nggak perlu baca rambu lalu-lintas karena sudah ada data input tentang jalan yang bakal dilewati.

Mulai tahun-tahun mendatang, beberapa perusahaan otomotif sudah ancang-ancang bikin driveless car alias si autonomous car tadi, misalnya Cadillac CT6 pada tahun 2017. Siap-siap nih, nggak khawatir macet lagi.