Jangan lo ngaku pecinta otomotif, kalau nyebut nama merek mobil aja masih salah. Inilah daftar merek mobil yang paling banyak salah diucapkan baik dari penggemar mobil maupun orang awam:

1. Citroen

Baca Juga: Mobil Tom Cruise Dicuri, Salinan Film Top Gun Hilang?



Incorrect: sit-tro-en

Correct: seet-tro-en

Citroen adalah produsen otomotif besar asal Prancis. Mereka juga merupakan salah satu anak usaha dari PSA Peugeot Citroen sejak 1976.

Citroen didirikan oleh André-Gustave Citroen. Ia awalnya merakit senjata untuk Prancis selama Perang Dunia I. Tapi setelah perang usai, Citroen jadi merek mobil.

2. Hyundai



Incorrect: hon-dey

Correct: hh-yonn-de

Hyundai adalah perusahaan otomotif dan produsen mobil terbesar di Korea Selatan. Perusahaan ini didirikan pada tahun 1967 oleh Chung Ju-yung.

Chung Ju-yung mendirikan Hyundai Engineering and Construction Company pada 1947. Hyundai Motor Company kemudian didirikan pada 1967. Model pertama perusahaan ini adalah Cortina, hasil kerja sama dengan Ford Motor Company dan dipasarkan pada 1968.

3. Peugeot



Incorrect: peeyo-jot

Correct: poo-jsho

Peugeot merupakan usaha keluarga yang didirikan pada 1810. Mereka awalnya bisnis sebagai produsen penggiling kopi dan sepeda.

Pada 20 November 1858, Emile Peugeot mengusulkan logo singa. Pada 1889, Armand Peugeot merakit mobil pertama, yakni sebuah mobil uap, bersama Leon Serpollet.

4. Porsche



Incorrect: porsh

Correct: por-shuh

Porsche adalah produsen otomotif asal Jerman yang berspesialisasi di produksi mobil sport, SUV, dan sedan. Porsche AG berkantor pusat di Stuttgart, yang merupakan anak usaha dari Volkswagen AG.

Porsche didirikan oleh Ferdinand Porsche pada tahun 1931. Awalnya, perusahaan ini bergerak di bidang konsultasi pengembangan dan pengerjaan mobil.

Tugas pertama perusahaan ini, datang dari pemerintah Jerman yang ingin memproduksi mobil rakyat berjuluk Volkswagen. Porsche 64 yang dikembangkan pada 1939 pun menggunakan banyak komponen dari VW Beetle.

5. Koenigsegg



Incorrect: ko-ni-seg

Correct: kou-nig-zegg

Koenigsegg adalah perusahaan mobil sport berperforma tinggi yang berasal dari Swedia. Perusahaan ini bermarkas di Angelholm.

Perusahaan ini didirikan pada 1994 di Swedia oleh Christian von Koenigsegg. Tahun 2006, Koenigsegg memulai produksi CCX, yang mesinnya memang dibuat khusus untuk mobil itu saja.